Rapat koordinasi (rakor) pembahasan penurunan tarif tiket pesawat yang dilakukan pemerintah bersama pemangku kepentingan. (Foto: Ant)

Harga Tiket Citilink dan Lion Air Diskon 50 Persen

Ekonomi dan Bisnis 08 July 2019 23:10 WIB

Direktur Keuangan Citilink Ester Siahaan mengatakan, akan mentaati hasil pembahasan rapat koordinasi yang telah disepakati bersama dengan pemerintah. Termasuk pula dengan jatah kuota kursi yang akan disedikan setiap harinya pada waktu kebijakan tersebut berlaku.

"Kami sangat mendukung kebijakan pemerintah untuk menyediakan penerbangan murah. Tim kami sudah menyesuaikan di dalam sistem dan akan dimulai 11 jui 2019," katanya.

Di tempat yang sama, CEO Lion Air Rudy Lumingkewas mengatakan, pihaknya berkommitmen untuk mendukung program yang diminta oleh pemerintah. Tentunya dengan rute penerbangan per hari yang jauh lebih banyak dari Citilink, Rudy menyatakan tidak keberatan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada stackholder yang lain yang mendukung program ini mulai berlaku pada 11 juli 2019," katanya.

Dalam kesempatan itu, PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II juga berjanji akan menyiapkan secara maksimal fasilitas kebandar udaraan dalam kebijakan baru tersebut. Informasi saja, AP I saat ini mengelola 14 bandar udara dan AP II mengelola 16 bandar udara untuk mendukung tarif tiket berbiaya murah tersebut.

Diberitakan sebelumnya, maskapai penerbangan telah sepakat untuk memberikan tarif tiket LCC domestik dengan diskon sampai sebesar 50 persen dari Tarif Batas Atas (TBA) pada setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu. Sementara waktu yang disediakan maskapai terbatas, yaitu hanya pada pukul 10.00 sampai dengan 14.00 berdasarkan waktu bandara setempat.

Adapun maskapai penerbangan akan menyediakan alokasi kursi untuk tarif tiket khusus tersebut sebesar 30 persen dari total kursi di masing-masing hari tersebut. Jika lebih dirinci lagi, nantinya maskapai penerbangan berbiaya murah milik Garuda Indonesia Group yaitu Citilink akan menyediakan 62 flight dengan total kursi sekitar 3.348 penumpang per hari.

Sedangkan Lion Air Group akan menyediakan 146 flight dengan total 8.282 kursi per harinya. Itu tergantung kondisi, secara fleksibel mengikuti waktu penerbangannya. (wit/ant)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Jun 2020 03:34 WIB

Mulai 5 Juni, Lion Air Group Hentikan Operasional Penerbangan

Perhubungan

Penghentian operasional ini hingga batas waktu yang belum ditentukan.

01 Jun 2020 04:58 WIB

Lion Air Group Terbang Lagi, Ini Dokumen Wajib Dibawa Penumpang

Nasional

Perhatikan dokumen yang wajib dibawa penumpang Lion Air Group.

29 May 2020 06:43 WIB

Citilink, Lion Air, Wings Air, dan Batik Air Stop Terbang

Nasional

Penerbangan dihentikan hingga 31 Mei 2020.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...