Harapan Bos First Travel di Tingkat Kasasi

Ngopibareng.id Hukum 28 August 2018 13:12 WIB

Terdakwa bos PT First Augerah Karya Wisata atau First Travek, Andika Surachman divonis hukuman penjara 20 tahun. Adapun sang istri, Anniesa Hasibuan, dijatuhi hukuman 18 tahun penjara oleh Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat pada 30 Mei 2018.

Tak terima dengan vonis tersebut, keduanya lalu mengajukan banding ke Pengadilan Negeri Bandung. Namun upaya tersebut ditolak. Sehingga pasangan suami istri itu tetap dihukum sama dengan vonis sebelumnya, karena kasus penipuan jamaah umrah dan juga pencucian uang.

"Menguatkan putusan Pengadilan Negeri Depok No. 83/ Pid.B/ 2018/ PN.Dpk, tanggal 30 Mei 2018, yang dimintakan banding tersebut," demikian bunyi putusan tersebut dikutip dari laman Pengadilan Negeri Depok, Selasa 28 Agustus 2018.

Gaya hidup mewah pasangan Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan sebelum dijebloskan ke penjaraGaya hidup mewah pasangan Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan sebelum dijebloskan ke penjara.

Gagal di tingkat banding, Ronny Setiawan, kuasa hukum Andika dan Anniesa, langsung mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

"Kita sebagai kuasa hukum menolak hasil seluruhnya putusan PT Bandung. Intinya kita tidak terima, kita akan ajukan upaya hukum kasasi," kata Ronny.

Pihak Andika dan Anniesa, disebut Ronny, keberatan dengan aset mereka yang disita negara. Keduanya ingin agar aset tersebut disita dan dikembalikan untuk jamaah First Travel.

"Kita lebih pada asetnya, Rp 905 miliar loh. Intinya, bagaimana aset itu tidak disita oleh negara, kalau bisa dikembalikan ke jamaah atau tetap untuk memberangkatkan jamaah," terang Ronny.

Soal vonis hukuman penjara, Andika dan Anniesa mengaku sudah ikhlas. "Mereka sudah pasrah di penjara, ikhlas saja," sambung Ronny. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Aug 2018 16:12 WIB

Bos Umrah First Travel: Negara Merebut Aset Saya

Hukum

Kasus First Travel telah mencoreng citra pengusaha pelayanan perjalanan umrah dan haji di Indonesia. Setelah melalui proses hukum yang panjang, akhirnya, Pengadilan Tinggi (PT) Bandung menolak banding

30 May 2018 13:24 WIB

Bos First Travel Divonis 20 Tahun Penjara, Istrinya Kena 18 Tahun

Kriminalitas

Majelis hakim PN Depok memvonis terdakwa Dirut First Travel Andika Surachman dengan hukuman 20 tahun penjara dan istrinya, Direktur First Travel Anniesa Hasibuan dengan hukuman 18 tahun penjara.

17 Apr 2018 16:50 WIB

Gaya Mewah Bos First Travel di Sidang

Ngopitainment

Hidup mewah di tengah penantian panjang puluhan ribu jamaah untuk bisa berangkat umrah masih saja dilakukan Bos First Travel. Andhika pakai kemeja mewah saat sidang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...