Kepala Desa Sukaraja, Cibinong, Kabupaten Bogor, Dede Iskandar meninggal dunia usai pelantikan, Rabu 18 Desember 2019. (Foto: Dok. Pribadi)

Hanya 7 Jam Merasakan Jabatan Kepala Desa Sukaraja Bogor

Human Interest 19 December 2019 09:50 WIB

Dede Iskandar baru pertama kali mencalonkan diri sebagai Kepala Desa Sukaraja, Cibinong, Kabupaten Bogor. Setelah terpilih dan dilantik Bupati Bogor, Ade Yasin di Gedung Tegar Beriman, Kompleks Pemerintahan Daerah Cibinong, Rabu 18 Desember 2019 pagi, Dede Iskandar meninggal dunia.

Suasana gembira pun berubah menjadi riuh bercampur panik, begitu warga dan kerabat melihat Dede Iskandar tak sadarkan diri saat menjamu para tamu dan kerabat di teras rumahnya di RT 01/03, Kampung Pangulaan, Desa Sukaraja, Rabu sore.

Saat asyik berbincang di teras rumah, pria 46 tahun ini tiba-tiba jatuh pingsan. "Waktu lagi ngobrol, biasa menjamu tamu tiba-tiba dia lemes terus pingsan," tutur Idoh Permana, adik kandung Dede Permana, Kamis 19 Desember 2019.

Pihak keluarga kemudian membawa Dede Iskandar ke Rumah Sakit Azra Bogor. Namun sayang, nyawanya tidak tertolong. Diduga, Dede Iskandar terkena serangan jantung.

Pihak keluarga tak menyangka bila pria yang akrab disapa Ejel itu meninggal begitu saja. Sebab, selama ini dia tampak sehat-sehat saja. Bahkan usai pelantikan di Cibinong dan pulang ke rumah, dia melihat, tidak ada yang aneh atau tanda-tanda sedang sakit.

"Tidak ada firasat apapun. Sebelum berangkat sampai pulang pelantikan saya melihat dia biasa-biasa saja," terang Idoh Permana.

Di mata keluarga dan kerabat dekatnya, Ejel adalah sosok orang humoris dan berjiwa sosial kepada masyarakat di desanya.

Kabar duka ini rupanya sudah didengar oleh Bupati Bogor. Ade Yasin menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Dede Iskandar.

"Saya mengucapkan duka mendalam atas wafatnya Kang Dede Iskandar, Kepala Desa Sukaraja. Semoga almarhum husnul khotimah dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, kesabaran, dan kekuatan," ujar Ade Yasin dikutip dari Antaranews.com.

Ada 221 kades lainnya yang dilantik Ade Yasin di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor.

"Ajal telah ditentukan waktunya, tidak dapat ditunda atau dipercepat. Baru saja dilantik sebagai kepala desa di pagi hari, sorenya sudah tiada," ucap dia.

Terhitung, Dede Iskandar menjadi Kepala Desa Sukaraja hanya 7 jam saja. Sebelumnya, Dede Iskandar berprofesi sebagai penjual ikan. Dia yang memasok ikan-ikan ke para pedagang di pasar. Selanjutnya, Dede Iskandar mengikuti jejak ayahnya yang pernah menjabat sebagai Kepala Desa Sukaraja.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 10:16 WIB

Nadiem NU, Nadiem Muhammadiyah

Arif Afandi

Nadiem Makarim perlu bersahabat dengan NU dan Muhammadiyah. Kenapa?

09 Aug 2020 10:10 WIB

Sinopsis Ghost Writer: Pertemuan Penulis dengan Arwah

Film

Film Indonesia berjudul Ghost Writer akan tayang malam ini.

09 Aug 2020 09:52 WIB

Itung-itungan Ganti Rugi Juventus Pecat Maurizio Sarri Rp345 M

Liga Champions

Posisi Maurizio Sarri sebagai pelatih Juventus digantikan oleh Andre Pirlo.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...