Clement Lengket mencetak gol pembuka Barcelona kontra Napoli. (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Hantam Napoli 3-1, Barcelona Tembus Perempat Final

Liga Champions 09 August 2020 04:13 WIB

Barcelona memastikan satu tiket perempat final Liga Champions 2019/2020 setelah menghantam Napoli 3-1 pada leg kedua babak 16 besar, Minggu 9 Agustus 2020 di Camp Nou.

Tiga gol Barcelona dicetak oleh Clement Lengket di menit ke-11, Lionel Messi menit 23, dan penalti Luis Suarez di menit 45. Sementara satu gol hiburan Napoli dihasilkan Lorenzo Insigne melalui titik 12 pas.

Babak I
Jalannya awal babak pertama di luar dugaan. Napoli yang bertindak sebagai tim tamu langsung tampil agresif. Hasilnya, peluang emas mereka dapatkan. Sayang, bola sepakan Dries Mertens menerpa tiang gawang.

Gagal pada kesempatan pertama, Napoli terus mencoba menggempur pertahanan Barcelona. Sayang, baik Insigne maupun Dries Mertens gagal memecah kebuntuan meski ada sejumlah kans yang mereka peroleh.

Alih-alih membuat keunggulan, gawang Napoli justru bobol di menit 10. Memanfaatkan umpan sepak pojok Ivan Rakitic dari sisi kanan pertahanan Napoli, Clement Lenglet menggetarkan jalan Napoli lewat tandukan kerasnya. 1-0 untuk Barcelona.

Keunggulan itu tidak membuat Barcelona terlena. Mereka justru berhasil keluar dari tekanan yang diberikan Napoli. Meski kalah dalam penguasaan bola, permainan Blaugrana mulai berkembang. Permainan pun berjalan lebih seimbang. Saling serang pun terjadi sejak babak pertama separo jalan. 

Saat pertandingan memasuki menit 23, Napoli kembali dikejutkan oleh gol kedua Barcelona. Diawali aksi Lionel Messi melewati sejumlah pemain Napoli, di tengah kepungan pemain Napoli, ia melepaskan tendangan melengkung sambil menjatuhkan diri. Datangnya bola tak mampu dijangkau oleh kiper Napoli, David Ospina. Skor 2-0 untuk Barcelona.

Tujuh menit setelah gol kedua itu, Messi sebetulnya mencetak gol keduanya. Sayang, gol tersebut dianulir oleh wasit setelah mendapat masukan dari VAR, meski dalam tayangan ulang tak tampak ada pelanggaran yang dilakukan Messi sebelum gol itu terjadi.

Barcelona baru bisa menambah keunggulan di menit 45+1 melalui penalti Luis Suarez. Hadiah itu diberikan oleh sang pengadil setelah Messi dilanggar dengan keras oleh Kalidou Koulibali di dalam kotak terlarang. Skor menjadi 3-0 untuk Barcelona.

Napoli sendiri baru bisa memangkas ketertinggalan menjadi 1-3 di penghujung babak pertama. Gol tersebut tercipta melalui titik putih yang dieksekusi dengan baik oleh Insigne. Skor tersebut tak berubah di turun minum.

Babak II
Memasuki lapangan di awal babak kedua, Napoli kembali mengambil inisiatif serangan. Tim besutan Gennaro Gattuso itu terus mencoba merusak pertahanan rapat yang dibangun Gerard Pique dkk.

Napoli yang membutuhkan dua gol tambahan untuk lolos ke perempat final pun tak mengendurkan serangan. Melalui kedua sayapnya dan sesekali lewat tengah lapangan, Napoli berusaha membongkar pertahanan Barca.

Kans apik dimiliki Napoli melalui Insigne di menit 71. Sayang, sundulan kapten Napoli di depan gawang Marc-Andre ter Stegen masih melambung di atas mistar gawang.

Barcelona sendiri bermain dengan cara berbeda di pertandingan ini. Mereka lebih banyak bertahan dan mengandalkan serangan balik. Cara ini tak seperti biasanya, dimana Barca selalu mendominasi penguasaan bola. Napoli sendiri nyaris memperkecil ketertinggalan andai sundulan Hirving Lozano di menit 86 dari jarak dekat tak membentur mistar gawang Barcelona.

Meski I Partenopei terus membombardir pertahanan Barca, hingga peluit panjang dibunyikan wasit Cuneyt Cakir asal Turki, tidak ada lagi gol yang tercipta. Skor 3-1 untuk kemenangan Barca.

Dengan hasil ini, Barcelona akan berhadapan dengan Bayern Munchen yang di waktu hampir bersamaan membantai Chelsea 4-1. Lawan berat yang harus mereka kalahkan bila ingin melaju ke semifinal.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

29 Sep 2020 11:41 WIB

1.540 WNI di Luar Negeri Positif Covid-19

Nasional

Tambahan kasus baru Covid-19 WNI di luar negeri sebanyak 8 orang.

29 Sep 2020 11:18 WIB

Gwyneth Paltrow Pose Telanjang

Gosip Artis

Gwyneth Paltrow merayakan ulang tahun dengan pose telanjang.

29 Sep 2020 11:06 WIB

Perkenalkan Sejarah Muhammadiyah, Begini Alasan Siti Noorjannah

Khazanah

Jalan menjadi generasi terbaik dengan berakhlak mulia

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...