HAM PBB Minta Penyidikan Internasional Kasus Jamal Khashoggi

12 Dec 2018 18:01 Internasional

Turki sedang dalam pembicaraan dengan PBB mengenai penyelidikan atas pembunuhan wartawan terkemuka Arab Jamal Khashoggi, Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu  mengatakan di Ankara, Selasa kemarin.

"Permintaan untuk penyelidikan internasional telah mulai datang; kami melanjutkan pembicaraan dengan PBB mengenai hal ini," lanjut Cavusoglu seperti dikutip Daily Sabah.

Pekan lalu, kepala HAM PBB Michelle Bachelet mengatakan penyelidikan internasional diperlukan untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab atas pembunuhan Khashoggi, yang tewas di Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Dia lebih lanjut menambahkan bahwa beberapa menteri luar negeri pada KTT G20 setuju untuk bersama-sama mengajukan permohonan penyelidikan internasional ke dalam pembunuhan itu. "Harapan kami adalah tidak ada yang perlu dan bagi Arab Saudi untuk bekerja sama bagi mereka yang bertanggung jawab untuk diketahui," katanya.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi menolak tuntutan  Turki untuk mengekstradisi para tersangka terkait dengan pembunuhan Khashoggi. Presiden Recep Tayyip Erdogan telah menekankan masalah ini untuk beberapa waktu sekarang.

"Kami tidak mengekstradisi warga kami," kata Adel al-Jubeir pada akhir pertemuan tahunan Dewan Kerjasama Teluk (GCC) yang diadakan di Riyadh, Senin lalu. Dia menambahkan bahwa "pihak berwenang Turki belum seperti yang kami harapkan." (DS/an)

Reporter/Penulis : M. Anis


Bagikan artikel ini