HAM PBB Minta Dunia Bantu Investigasi Pembunuhan Khashoggi

31 Oct 2018 13:30 Internasional

Kepala HAM PBB pada Selasa kemarin meminta “para ahli dunia” untuk membantu investigasi pembunuhan Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Istanbul, dan meminta Riyadh untuk mengungkapkan keberadaan jasadnya.

“Agar investigasi dilakukan secara independen, terhindar dari segala kepentingan politik, keterlibatan para ahli dunia, dengan akses penuh terhadap bukti dan saksi mata, akan sangat diharapkan,” kata Michelle Bachelet dalam sebuah pernyataan.

Khashoggi, jurnalis Saudi sekaligus kontributor Washington Post, tewas setelah memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober guna mendapatkan dokumen menjelang pernikahannya. Jasad pria berusia 59 tahun tersebut hingga kini belum ditemukan.

Kematiannya menarik pengawasan internasional yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Arab Saudi dan pemimpinnya Putra Mahkota Mohammad bin Salman. Tunangan Kashoggi menuduh rezim Saudi menutup-nutupi secara masif.

Bachelet menekankan bahwa pentingnya untuk memastikan bahwa pembunuhan tersebut diinvestigasi secara independen dan tidak memihak.

“Saya menyambut langkah yang diambil oleh pihak Saudi dan Turki untuk menyelidiki dan mengadili para tersangka pelaku pembunuhan Khashoggi,” kata Komisaris Tinggi HAM PBB.(ma/nh)

Penulis : M. Anis


Bagikan artikel ini