Turki dan Yunani terlibat adu mulut atas Masjid Hagia Sophia. (Reuters)

Hagia Sophia Jadi Masjid, Turki dan Yunani Terlibat Adu Mulut

Internasional 26 July 2020 02:39 WIB

Turki dan Yunani terlibat adu mulut mengikuti berubahnya museum Hagia Sophia menjadi masjid. Perdebatan berlangsung Sabtu 25 Juli 2020, sehari setelah Salat Jumat pertama berlangsung di Hagia Sophia, sejak sembilan abad terakhir.

Presiden Tayyip Erdogan yang hadir dalam Salat Jumat di Hagia Sophia mengatakan jika mereka yang mengkritik langkahnya adalah melawan Muslim dan Turki. Lontaran itu disampaikan tanpa menyebut Yunani secara spesifik.

"Kami melihat bahwa target negara yang berisik di beberapa hari terakhir bukanlah Hagia Sophia atau Turki. Targetnya adalah kehadiran mereka di Bangsa Turki dan Muslim di wilayah ini,” katanya dalam pidato yang disiarkan dalam televisi.

Sementara, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Turki dalam pernyataanya pada Sabtu menyampaikan, "Yunani sekali lagi menunjukkan permusuhannya pada Islam dan Turki dengan berdalih memprotes Masjid Hagia Sophia yang dibuka untuk ibadah," katanya.

Ia lantas mengutuk pernyataan yang dikeluarkan Pemerintah dan Parlemen Yunani, serta pembakaran bendera Turki di Kota Thessaloniki di Yunani.

Sementara, kritik dari Yunani kencang mengikuti berubahnya status Hagia Sophia. Bangunan bersejarah itu pada awalnya adalah museum dan menjadi gedung penting bagi penganut Kristen Ortodox di Yunani. Mereka pun menggaungkan lonceng gereja pada Jumat.

Kementerian Luar Negeri Yunani merespon hal itu sambil mengatakan, "komunitas internasional di abad 21 terpaku untuk mendengarkan ocehan fanatik nasionalis dan agama di Turki," katanya.

Pada Jumat, Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis menyebut Turki sebagai "pembuat onar", dan bahwa perubahan pada Hagia Sophia adalah "penghinaan pada peradaban abad 21".

Sebelumnya, perbedaan pendapat antara Tuki dan Yunani banyak muncul di berbagai masalah berbeda, mulai dari isu pesawat luar angkasa serta garis zona maritim di wilayah Timur Mediterania dan yang membelah Siprus. (Rtr

Penulis : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

30 Sep 2020 09:12 WIB

Debat Capres AS: Joe Biden Sebut Donald Trump Pembohong

Internasional

Joe Biden sebut Donald Trump pembohong dan menyuruhnya diam.

30 Sep 2020 08:26 WIB

Debat Capres Amerika Serikat, Donald Trump Vs Joe Biden

Internasional

Debat capres Amerika Serikat pertama digelar Rabu pagi WIB.

30 Sep 2020 08:13 WIB

Anak Ayu Azhari Dituntut 1 Tahun Penjara Kasus Jual Beli Senpi

Hukum

Anak Ayu Azhari tersangkut kasus jual beli senpi ilegal.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...