ilustrasi bulutangkis. (Foto: Istimewa)
ilustrasi bulutangkis. (Foto: Istimewa)

Hafiz/Gloria Ungkap Penyebab Kekalahan dari Ganda Malaysia

Ngopibareng.id Bulutangkis 22 January 2021 15:12 WIB

Wakil Indonesia di sektor ganda campuran, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, mengungkapkan penyebab kekalahannya saat melakoni laga perempat final Toyota Thailand Open 2021 yang digelar di Impact Arena, Jumat.

Diketahui, pada pertandingan babak delapan besar turnamen bulu tangkis level Super 1000 itu, Hafiz/Gloria takluk di tangan pasangan asal Malaysia Hoo Pang Ron/Cheah Yee See dalam tiga gim dengan skor 21-12, 19-21,19-21.

Hafiz/Gloria yang menyandang predikat sebagai unggulan keenam itu sebetulnya bermain baik pada gim pertama, tapi di gim kedua dan ketiga, pertahanan Hafiz/Gloria perlahan-lahan tak mampu menahan serangan lawan yang tampil lebih agresif.

Mereka banyak kehilangan angka karena kerap membuat kesalahan-kesalahan sendiri, seperti pukulan yang tidak terarah sehingga bola tersangkut di net dan beberapa kesalahan lainnya.

Permainan mereka juga menjadi tidak konsisten di poin-poin akhir. Mereka tergesa-gesa ingin mengakhiri permainan dan mencuri poin, namun yang terjadi justru sebaliknya, Hafiz/Gloria malah menambah poin lawan.

“Kami kurang beruntung hari ini. Penampilan kami juga kurang bagus. Kami sudah berusaha memberikan yang terbaik, tapi nyatanya kami masih saja membuat banyak kesalahan di lapangan. Dari kekalahan ini, kami harus memperbaiki diri,” kata Gloria dikutip dari laman BWF, Jumat 22 Januari 2021.

Jika dilihat dari segi peringkat, Hafiz/Gloria memang jauh lebih diunggulkan karena saat ini mereka menempati peringkat ke-8 dunia. Sedangkan Hoo/Cheah berada di rangking ke-35. Namun peringkat tampaknya hanya catatan di atas kertas, karena faktanya wakil Indonesia itu tumbang.

Selain faktor itu, Hafiz mengakui penampilan Hoo/Cheah kali ini sangat bagus. Persiapan pasangan asal Malaysia itu dinilai cukup matang dan fokus selama berjalannya laga, terutama pada gim kedua dan ketiga.

“Permainan mereka (Hoo/Cheah) hari ini bagus sekali. Mereka betul-betul siap. Mereka bisa mengatasi serangan-serangan kami dengan baik. Jika dibandingkan dengan turnamen minggu lalu, performa kami di turnamen ini masih jauh lebih baik karena bisa sampai ke babak perempat final,” tambah Hafiz.

Pada turnamen Yonex Thailand Open yang baru digelar pekan lalu, Hafiz/Gloria langsung tersingkir di babak pertama setelah kalah dari pasangan India Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini Ponnappa dalam tiga gim dengan skor 11-21, 29-27, 16-21.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

04 Mar 2021 19:00 WIB

Karyawan JungleLand Tagih Gaji Satu Tahun Belum Dibayar

Nasional

JungleLand tutup imbas corona, karyawan tuntut gaji setahun belum dibayar.

04 Mar 2021 18:42 WIB

Kasus Fetish Gilang, Unair: Tindakan Hukum Konsekuensinya Berat

Kriminalitas

Dekan FIB Unair memperingatkan mahasiswanya untuk tidak melawan hukum.

04 Mar 2021 18:36 WIB

Seluruh Sekolah di Banyuwangi sudah Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Pendidikan

Pembelajaran tatap muka sudah digelar di Banyuwangi, Jawa Timur.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...