Presiden Jokowi memberikan keterangan pers bersama Wapres Jusuf Kalla di Lanud Halim, Kamis 27 Juni 2019. (Foto: Biro Pers Setpres)

Hadiri KTT G20 Jokowi Akan Bicara Ekonomi Digital dan Kesenjangan

Nasional 28 June 2019 05:18 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) besert Ibu Negara Iriana Jokowi, meninggalkan tanah air untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka Jepang, Kamis malam, 27 Juni 2019. Perhelatan internasional yang akan dihadiri beberapa kepala negara berlangsung 28-29 Juni 2019.

KTT G20 merupakan kesempatan bagi para pemimpin ekonomi terbesar dunia untuk membahas situasi dan dinamika global yang terjadi saat ini. Dalam KTT G20 ini, Jokowi akan berbicara tentang dua hal.

“Pertama berkaitan dengan inovasi di bidang ekonomi digital dan juga yang kedua berkaitan dengan upaya mengatasi kesenjangan,” ujarnya saat konferensi pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Selain itu, Presiden juga akan mengingatkan para kepala negara peserta G20 terkait situasi dunia yang saat ini banyak dipenuhi ketidakpastian dan dibayangi isu perang dagang.

“Saya juga ingin mengingatkan kepada kolega-kolega kita yang hadir, baik perdana menteri, presiden, maupun raja di G20 terkait situasi dunia yang saat ini dipenuhi ketidakpastian dan dibayangi dengan isu perang dagang. Saya berharap agar negara-negara G20, pemimpin-pemimpinnya bisa menunjukkan kearifan dan kepemimpinan kolektif sehingga situasi yang ada menjadi lebih baik bagi kita semua,” tutur Jokowi.

Kunjungan kerja kali ini juga akan dimanfaatkan Jokowi untuk melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara. Namun hingga saat ini, jadwal pertemuan masih terus dimatangkan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang telah terlebih dahulu berada di Osaka.

Usai menghadiri KTT G20, Jokowi akan langsung kembali ke Tanah Air. Rombongan Kepala Negara ini direncanakan akan kembali di Tanah Air pada Sabtu malam, 29 Juni 2019.

Ikut dalam rombongan tersebut antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Militer Presiden Marsdya TNI Trisno Hendradi, Kepala Protokol Negara Andri Hadi, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, Staf Khusus Presiden Adita Irawati, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Presiden beserta rombongan bertolak dari Lanud Halim Perdana diantar Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, Kepala Staf ketiga angkatan, dan Gubernur DKI Anis Baswedan. (asm)

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

23 May 2020 17:15 WIB

Bayaran Tertinggi, Naomi Osaka Pecahkan Rekor Maria Sharapova

Tenis

Bayaran itu didapat dari hadiah turnamen dan sponsor

05 May 2020 11:14 WIB

Seruan Jokowi untuk Gerakan Non-Blok Bersatu Melawan Covid-19

Internasional

Presiden Jokowi menyerukan negara GNB bersatu melawan Covid-19.

27 Mar 2020 02:59 WIB

Jokowi ajak Negara G20 Perang Melawan Covid-19

Nasional

Jokowi meminta negara G20 memerangi Covid-19 bersama-sama.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.