Pelatih Persebaya, Djajang Nurdjaman. (Foto: Haris/ngopibareng.id)

Lawan Persipura Dijadikan Momen Kebangkitan Persebaya

Liga Indonesia 29 July 2019 15:25 WIB

Persebaya Surabaya akan menghadapi Persipura Jayapura dalam pekan ke-12 Liga 1 2019, di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat 2 Agustus 2019 mendatang. Di laga ini, pelatih Djajang Nurdjaman mengklaim akan menjadi titik kebangkitan Bajul Ijo.

Di pertandingan ini, Persebaya yang tampil sebagai tuan rumah diharapkan bisa segera melupakan hasil buruk di lima laga sebelumnya. Bayang-bayang paceklik kemenangan harus dibuang jauh-jauh agar tak mempengaruhi mental Ruben Sanadi dkk.

Namun Djanur menyadari, tak akan mudah mengalahkan Persipura pada duel kali ini. Sebab, Persipura akan datang dengan kepercayaan tinggi setelah mengantongi modal dua kemenangan saat mengalahkan Bhayangkara FC dan Madura United dengan skor identik, 1-0.

"Kita akui itu pertandingan berat di kandang, apalagi penampilan kami belum bagus. Kita belum bisa meraih kemenangan di lima laga secara beruntun, harus diakui pasti ada kendala pada mental pemain," kata Djanur.

Kendati begitu pelatih asal Majalengka ini percaya, dengan waktu lima persiapan, ia mampu menyuntikkan motivasi besar pada anak buahnya, sekaligus membangkitkan timnya dari keterpurukan.

"Mudah-mudahan dengan sisa waktu yang ada, kami bisa memperbaiki itu. Semoga bisa tiga poin di kandang," ujar pelatih 60 tahun ini.

Namun melihat catatan pertemuan kedua tim, Persebaya patut waspada. Sebab dari dua bentrokan terakhir, tim asal Kota Pahlawan belum pernah menang dari tim berjuluk Mutiara Hitam itu.

Sekadar informasi, dalam dua laga musim lalu, Persebaya gagal menaklukkan Persipura (seri 1-1) di Surabaya. Malah di Jayapura, Bajul Ijo takluk dengan skor telak, 3-1.

Mengenai head to head tersebut, kapten Persebaya, Ruben Sanadi, mengakui lawan yang akan mereka hadapi merupakan tim kuat. Ia menilai Persipura saat ini lebih kuat setelah masuknya Jacksen F Tiago.

Dengan pengalaman tiga musim menangani Persipura, Jacksen telah membuktikan bahwa ia sosok yang tepat, setidaknya hingga dua laga terakhir.

"Persipura tim kuat, mereka sudah menunjukkan bahwa mereka sedang bangkit, tapi kami akan tetap fokus, karena kami (Persebaya) tidak mau meraih hasil seri atau kalah lagi di kandang," lanjut Ruben.

Ruben sendiri mengakui rekan setimnya sudah sepakat untuk mengakhiri episode buruk yang mereka dapatkan dalam lima laga terakhir. Apalagi tekanan dan tuntutan menang dari suporter bakal lebih kuat. 

"Kami akan fokus lagi untuk persiapkan diri menghadapi Persipura di kandang nanti, semoga kami bangkit dan bisa meraih hasil positif," ucap pemain asal Papua ini. (hrs)

Penulis : Haris Dwi

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

07 Apr 2020 22:20 WIB

Tanggapan LIDA soal Kontroversi Eva Yolanda saat Pandemi Corona

Ngopitainment

Tak peduli corona, massa nekat berjubel menyambut kepulangan Eva Yolanda.

07 Apr 2020 21:53 WIB

Khofifah: Jatim Belum Ada Daerah Ajukan PSBB

Jawa Timur

Khofifah mengatakan daerah harus punya plan matang menghadapi PSBB.

07 Apr 2020 21:36 WIB

154 TKI dari Malaysia Negatif Corona

Jawa Timur

Meski negatif akan ada pemantauan dari daerah tempat asal TKI

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.