Ingin BUMD Bisa Bersaing Bebas, Begini Langkah Risma

11 Jun 2019 21:28 Surabaya

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, menginginkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Surabaya bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi pasar bebas 2020.

Risma tak ingin, pangsa pasar milik BUMD akan diambilalih oleh pihak swasta terutama asing hanya karena hal sepele, yakni tak mau berbenah diri dan kreatif.

"Untuk itu, saya sampaikan ini agar Bapak Ibu tahu apa yang harus dilakukan ke depannya. Kalau kita tidak siap, maka akan kalah dengan orang asing," ujar Risma.

Bagi Risma, persiapan untuk menghadapi pasar bebas 2020 bukan hanya dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) saja, namun juga terkait hal lain, seperti fasilitas dan sistem kerja.

"Persiapan itu semuanya, bukan SDM saja ya. Nah selain itu harus efektif dan efesien," lanjutnya.

Selain itu, Risma juga mengatakan dirinya ingin seluruh jajaran BUMD Surabaya untuk melakukan evaluasi sistem kerjanya yang sudah dilakukan selama ini. 

Hal itu diinginkan Risma semata-mata agar BUMD Kota Surabaya sudah kuat dan siap mengambil semua peluang yang ada ketika pasar bebas datang.

"Saya harap ke depan semua komponen sudah kuat, sehingga tidak ada peluang bagi orang asing untuk mengendalikan kita," pungkas Risma.

Penulis : Alief Sambogo
Editor : Riadi


Bagikan artikel ini