Petunjuk Qr Code, yang ada di depan pitu Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (Andik/Ngopibareng.id)

Hadapi New Normal, Masjid Al Akbar Keluarkan E-Infaq

Surabaya 05 June 2020 19:50 WIB

Pengurus Masjid Nasional Al Akbar Surabaya keluarkan terobosan baru dalam menghadapi new normal, yakni dengan mengubah cara infaq konvensional dengan konsep yang lebih modern.

Humas Masjid Al Akbar Surabaya, Helmi M. Noor mengatakan, konsep baru tersebut bernama E-Infaq. Dengan teknologi ini, para jamaah bisa beramal tanpa perlu takut tertular Covid-19 melalui kotak infaq.

“Kita siapkan aplikasi e-infaq atau menggunakan barcode yang ada di pintu keluar masjid (Al Akbar), jamaah cukup pakai hp, mau infaq berapa, otomatis akan masuk,” kata Helmi, ketika ditemui di Halaman Masjid Al Akbar Surabaya, Jumat 5 Juni 2020.

Perlu diketahui, aplikasi E-Infaq bisa diunduh melalui PlayStore yang ada di handphone berbasis Android. Selain itu, Infaq juga dapat melalui scan Qr Code yang langsung terhubung dengan rekening Masjid Al Akbar Surabaya.

Diluncurkannya aplikasi tersebut membuat kotak infaq konvensional yang biasa diedarkan ketika sebelum shalat ditiadakan. Sebab, hal tersebut berpotensi sebagai tempat penyebaran Covid-19 antar jamaah.

“Dengan teknologi ini, selain aman juga simpel,” ungkapnya.

Kendati begitu, bagi jamaah yang tidak siap dengan cara E-Infaq, masih bisa beramal melalui kotak yang tersedia di pintu masuk Masjid Al Akbar. Nantinya uang yang terkumpul, bakal dihitung oleh pengurus dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

“Bagi yang kurang paham IT, akan kita siapkan kotak yang bersifat insidentil, yang sebelumnya kita semprot disinfektan. Ketika selesai, uangnya kita semprot dengan disinfektan terlebih dahulu, baru kemudian kita hitung. Yang menghitung nanti semuanya menggunakan sarung tangan,” tutup Helmi.

Penulis : Andhi Dwi Setiawan

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 19:45 WIB

Jatim Jadi Zona Abu-abu di Peta Satgas Covid-19 Pusat

Jawa Timur

Warna abu-abu muncul jika peta diakses menggunakan telepon.

08 Aug 2020 19:15 WIB

Malaysia Sumbang Rp3 Miliar untuk Ledakan Beirut

Internasional

Sumbangan sebagai bentuk dukungan pada warga Lebanon.

08 Aug 2020 18:49 WIB

KPK Buka Lowongan untuk Jadi Juru Bicara

Nasional

Terbuka untuk ASN maupun non ASN.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...