Ular masuk rumah yang menggegerkan warga. (Foto: Istimewa)
Ular masuk rumah yang menggegerkan warga. (Foto: Istimewa)

Habitat Terganggu Ular Kobra Pindah ke Rumah Warga

Ngopibareng.id Internasional 16 December 2019 07:09 WIB

Belasan ular kobra dengan panjang sekitar 20 sentimeter ditemukan di kamar mandi warga Kembangan, Jakarta Barat, Minggu 15 Desember 2019.

Sebelumnya ular yang berbahaya itu juga ditemukan di Bogor Bekasi dan Purwakarta Jawa Barat
serta di Problinggo Jatim.

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Eko Sumarno menyebut ular yang evakuasi tersebut bersarang di gudang bekas kolam.

"Ular kobra sebanyak 18 ekor ada di bekas kolam, menjalar ke kamar mandi warga," ujar Eko di Jakarta.

Eko mengatakan sebanyak satu regu pemadam kebakaran mengevakuasi belasan anak ular kobra itu. Penanganan kurang lebih memakan waktu 30 menit.

Sementara waktu, belasan anakan ular kobra diamankan di Kantor Damkar Sektor Kembangan, Jakarta Barat.

"Rencananya ular tersebut bakal di serahkan ke Yayasan Sioux Ular Indonesia di wilayah Serpong, Tangerang," kata Eko. 

Menurut Eko dia telah mempelajari sifat ular melalui beberapa literatur bahwa King Kobra merupakan salah satu ular yang mematikan. Bisa ular ini bersifat sitotoksin dan neurotoksin. Bisa bersifat sitotoksin. Artinya kandungan racunnya bisa menghancurkan sel tubuh. Sementara bisa racun neurotoksin berarti racunnya bisa merusak sistem syaraf. Sebab racun ini mengganggu transmisi mengganggu sinyal kimia antara ujung syaraf. 

Sementara Hera, pemilik rumah tempat bersarangnya ular kobra mengatakan, ular tersebut ditemukan suaminya saat akan ke kamar mandi.

Kamar mandi tersebut memiliki saluran perpipaan yang terhubung dengan gudang bekas kolam pabrik milik ayahnya.

Di lokasi tersebut, baik karyawan pabrik ayahnya maupun tetangga sekitar sering menemukan ular. Karena tak jauh dari lahan kosong dan terdapat pohon bambu yang bersebelahan dengan kuburan. Diduga tempat itu menjadi sarang ular.

Karena kuburan yang berada dekat sarang ular tersebut baru saja direnovasi, maka ular-ular kemungkinan mencari sarang lain.

Hera mengaku menemukan anak ular air yang masuk ke dalam kamar tidurnya. Akibat teror ular tersebut, Hera melapor ke petugas Damkar melalui telepon dan akun Instagram.

Sebelumnya, anakan dan induk ular kobra juga muncul di sejumlah permukiman. Belasan anak ular kobra ditemukan di dalam kardus, di dapur rumah seorang warga di Purwakarta, Jawa Barat. Sementara di Jakarta Timur, seekor ular kobra ditangkap di dalam sebuah rumah di Duren Sawit.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...