Universitas Brawijaya, Ada Kenangan Tak Terlupakan dengan Habibie

12 Sep 2019 20:57 Pojok Unibraw

Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, memiliki tarikan sejarah yang monumental dengan Presiden Republik Indonesia (RI) ke-3, Bacharuddin Jusuf (B.J) Habibie. Hal itu tak lain karena Habibie merupakan ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) yang pertama dan dikukuhkan di UB.

"Pak Habibie saat itu dengan mengejutkan berkenan untuk menjadi Ketua ICMI. Akhirnya ICMI lahir di Kota Malang ini, di UB ini," ungkap Wakil Rektor IV UB, Sasmito Djati, ketika ditemui awak media pada Kamis 12 September 2019.

Sasmito mengatakan, mendengar kepergian Habibie, pada Rabu 11 September 2019, kemarin, ia dan segenap civitas akademika UB merasa sangat sedih.

"Kami sangat sedih atas kepergian beliau. Doa kami buat beliau, semoga amal dan ibadahnya diterima oleh Allah SWT," ujar pria yang gemar olahraga lari tersebut.

Senada dengan Sasmito, Wali Kota Malang, Sutiaji menerangkan kemunculan ICMI berasal dari mahasiswa yang ada di Kota Malang.

"Karena kami dari UIN Maliki Malang tidak punya koneksi menuju Habibie langsung. Maka mahasiswa dari Fakultas Teknik, UB kemudian yang menginisiasi," ujar pria lulusan UIN Maliki Malang itu.

Dilansir dari laman resmi ICMI, organisasi tersebut dibentuk pada tanggal 7 Desember 1990 di sebuah pertemuan kaum cendekiawan muslim di Kota Malang tanggal 6-8 Desember 1990. Pada pertemuan itu terpilih Baharuddin Jusuf Habibie sebagai ketua ICMI yang pertama.

Kelahiran ICMI berawal dari diskusi kecil di bulan Februari 1990 di masjid kampus Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang. 

Sasmito menjelaskan ICMI dilatarbekangi oleh kondisi rezim orde baru yang dianggap menyisihkan umat Islam.

"Maka waktu itu kami diskusikan, bagaimana agar membangun Islam yang moderat. Islam yang bisa diterima oleh semua kelompok, karena itulah yang paling strategis ketika itu," kenangnya.

Kemudian mahasiswa UB yang terdiri dari Erik Salman, Ali Mudakir, M. Zaenuri, Awang Surya dan M. Iqbal berkeliling menemui para pembicara, di antaranya Immaduddin Abdurrahim dan M. Dawam Rahardjo.

Singkat cerita secara resmi pada 7 Desember 1990 (ICMI) terbentuk di Malang. Habibie terpilih menjadi ketua secara aklamasi.

Penulis : Lalu Theo Ariawan Hidayat Kabul
Editor : Moch. Amir


Bagikan artikel ini