Berkah Idul Fitri 1439 HHabib Luthfi Gelar Open House, Umat pun Datang Membeludak

17 Jun 2018 14:47

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

"Ini sudah rutin kami lakukan sejak 10 tahun yang lalu sowan ke Habib Luthfi setiap tanggal 2 Syawal," kata Abdul Syukur (50), santri Habib Luthfi.

Tanggal 2 Syawal menjadi agenda resmi kegiatan open house Habib Luthfi bin Yahya, ulama kharismatik Kota Pekalongan Jawa Tengah. Meski tidak ada pengumuman secara resmi atau undangan, dapat dipastikan Habib Luthfi yang juga Rais Am Idarah Aliyah Jam'iyyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyyah (Jatman) meluangkan waktu untuk bertemu murid-muridnya dari berbagai penjuru daerah.

Pada kesempatan itu, Habib Luthfi menggunakan Gedung Kanzus Sholawat untuk bersilaturrahim dengan ribuan muridnya, Sabtu (16/6/2018). Sejak pagi jalan sepanjang dr Wahidin penuh berbagai kendaraan dari luar daerah dan bahkan ada yang sudah datang sejak malam hari.

Meski acara baru dimulai pukul 7 pagi, tak menyurutkan langkah para tamu sejak subuh sudah antri untuk bersalaman dengan Habib Luthfi.

Abdul Syukur (50), asal Kabupaten Pati Jawa Tengah menuturkan, dirinya hadir bersama rombongan keluarga sudah rutin dilakukan sejak 10 tahun yang lalu. "Ini sudah rutin kami lakukan sejak 10 tahun yang lalu sowan ke Habib Luthfi setiap tanggal 2 Syawal," ujarnya, dikutip ngopibareng.id, dari situs resmi nu-online.

Dirinya mengaku, rasanya kurang lengkap jika idul fitri belum salaman dengan Habib Luthfi, meski harus menempuh perjalanan sekitar 5 jam, dirinya cukup lega dan puas bisa bersalaman dengan Habib Luthfi yang juga Mursyid Thariqah Sadziliyah ini.

Di lokasi kegiatan, tidak hanya bapak-bapak yang rela ikut antri, ibu-ibu, remaja hingga anak-anak tidak mau ketinggalan untuk sekedar bersalaman dengan tokoh yang sangat dekat dengan TNI dan Polri.

Menurut KH Zakaria Ansor, tradisi open house yang digelar Habib Luthfi setiap tanggal 2 Syawal sebagai wujud kedekatan beliau dengan umat, tidak hanya masyarakat yang hadir di open house, akan tetapi para pejabat, politisi, hingga TNI, dan Polri hadir bersama-sama di acara open house ini.

"Habib Luthfi tidak pernah menolak tamu, siapapun yang hadir. Bahkan rumahnya yang berada di Noyontaan Gang 7, ratusan tamu setiap harinya dan beliau layani mulai dari sekedar salaman hingga konsultasi berbagai masalah, termasuk masalah rumah tangga dan berbagai penyakit yang menimpa si tamu," ujar Kiai Zakaria. (adi)