Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Taufiqurrohman (kiri) menyerahkan trofi dalam peringatan HAB ke-75 Kemenag RI. (Foto: Istimewa)

HAB ke-75 Kemenag di Ngajuk Digelar dalam Suasana Prihatin

05 Jan 2021 15:00

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kementerian Agama (Kemenag) RI, diselenggarakan secara sederhana. Hal ini sesuai prinsip protokol kesehatan pandemi Covid-19, yakni mengenakan masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan. HAB ini diperingati setiap tanggal 5 Januari. 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nganjuk, Taufiqurrohman mengatakan, peringatan HAB di wilayahnya diadakan dalam suasana keprihatinan, terkait dengan pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

"Sesuai arahan Bapak Menteri Agama, petingatan HAB kali ini lebih dititik beratkan pada pendekatan diri pada Allah serta meningkatkan etos kerja sebagai pelayan umat," kata Taufiq, setelah menjadi Inspektur Upacara HAB Kemenag di MAN 2 Nganjuk, Selasa 5 Januari 2021.

Waktu membacakan sambutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Taufiq menyampaikan ajakan kepada jajaran Kementerian Agama mulai dari pusat hingga daerah, agar memiliki semangat yang tinggi untuk mewujudkan Kemenag baru.

"Yakni menjadi agen perubahan, memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air," ujarnya.

Kemenag hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama. Semangat ini sejalan dengan tema Hari Amal Bhakti Kemenag tahun ini, yakni Indonesia Rukun.

Taufiq juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh ASN di lingkungan Kemenag Nganjuk, guru dan tenaga pendidikan, tenaga fungsional dan struktural dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

"Semoga kegiatan hari ini merupakan momen untuk meningkatkan kompetensi kita, niat ibadah kepada Allah serta pengabdian kepada masyarakat melalui kementerian Agama. Ia mengajak seluruh peserta upacara HAB berdoa supaya kasus pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini segera berakhir," terangnya.

HAB Kemenag Kabupaten Nganjuk ditutup dengan penyerahan penghargaan, trofi, dan hadiah secara simbolis kepada peserta lomba dan khitanan yang digelar sebelum puncak peringatan HAB pada hari ini.