Kondisi loket tiket Stasiun Gubeng Surabaya, Senin 11 Juni 2018. (foto: hrs/ngopibareng)

Tak Perlu Bingung Mudik Lebaran, Masih Ada Ribuan Tiket yang Belum Terjual di Daop 8 Surabaya

11 Jun 2018 11:58

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

"Meski hampir 83 persen tiket telah terjual, namun masih banyak tiket yang dibatalkan. Per hari saja ada ratusan tiket yang dibatalkan," kata Manajer Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko

PT Kereta Api Daerah Operasi 8 Surabaya mengumumkan bahwa hingga H-5 lebaran masih ada ketersediaan tiket KA sebanyak 16 persen, yakni sekitar 88, 320 kursi yang masih kosong. Dalam momen mudik lebaran kali ini. PT Kereta Api Indonesia daerah operasi 8 Surabaya menyediakan sekitar 521.884 tempat duduk dan 433.564 di antaranya sudah habis terjual. 

Manajer Hubungan Masyarakat PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko mengatakan ketersediaan tiket saat ini masih bisa dipesan secara online. Namun tiket yang masih ada ini hanya pada kereta eksekutif jarak jauh.

"Saat ini sudah 83 persen tiket yang sudah terjual, berarti masih ada sekitar 17 persen yang belum terjual," kata Gatut, Senin 11 Juni 2018.

Gatut juga memprediksi puncak mudik yang menggunakan kereta api akan mengalami peningkatan besar pada 13 Juni atau H-2 lebaran. Dia memperkirakan tiket yang tersisa tersebut akan habis sebelum hari H.

"Arus mudik puncaknya 13 Juni, hari Rabu. Penjualan tertinggi untuk tiket kereta api memang ada di hari itu, baik jarak dekat maupun jauh," lanjutnya.

Sementara itu, meski hampir 83 persen tiket yang telah terjual, namun Gatut juga menyampaikan masih banyak tiket yang dibatalkan. Alasannya mereka yang melakukan pembatalan telah mendapatkan transportasi lain, seperti kendaraan pribadi maupun travel.

"Banyak yang dibatalkan perhari saja ada ratusan tiket yang dibatalkan, dan kami juga akan melayani hingga jam 4 sore atau bisa juga setengah jam sebelum keberangkatan," ucapnya. (hrs)