Kondisi Terkini penumpang KA di Stasiun Pasar Turi Surabaya H-3 masih belum membludak. (foto: hrs/ngopibareng)

H-3 Lebaran, PT KAI Daop 8 Berangkatkan 236.400 Penumpang

12 Jun 2018 18:02

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

H-3 menjelang lebaran, PT Kereta Api Indonesia ( PT KAI) Daop 8 mencatat jumlah penumpang mengalami penurunan. Meski angka tersebut tak terlaku turun signifikan, tapi pihaknya telah memberangkatkan 236.400 penumpang dan jumlah ini mengalami kenaikan sebanyak 1% dari tahun lalu.

"Mulai tanggal 5 juni 2018 hingga saat ini posisi tadi pagi jam 8, sudah memberangkatkan sebanyak 236.400. Jumlah ini mengalami kenaikan 1 persen dibanding tahun lalu. Ini nanti bisa berkembang presentasenya," ujar Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko saat ditemui di Stasiun Pasar Turi Surabaya, Selasa 12 Juni 2018.

Dari data jumlah keberangkatan hingga hari ini, Gatut menyampaikan angka keberangkatan penumpang tertinggi justru pada Sabtu 9 Juni kemarin. Pada Sabtu, Daop 8 Surabaya memberangkatkan sedikitnya 36.360 penumpang. Jumlah ini mengalami kenaikan 37 persen dibanding tahun lalu yang hanya memberangkatkan 26.541 penumpang.

"Data sampai hari ini sementara yang tertinggi hari Sabtu tanggal 9, yakni 36.360 penumpang. 37 persen dibanding tahun lalu 26.541," papar Gatut.

Tak hanya itu, Gatut mengatakan puncak arus mudik baru akan terjadi pada Rabu besok. Hal ini dilihat dari banyaknya tiket yang terjual pada hari tersebut.

"Arus mudik puncaknya tanggal 13 Juni, hari Rabu. Prediksi ini dari penjualan tertinggi untuk tiket kereta api," kata Gatut.

Sementara itu, Gatut juga menilai pemberangkatan terbanyak saat ini masih di dominasi dari Stasiun Gubeng, Pasar Turi, dan Malang. Hal ini lantaran pemudik rata-rata berangkat dari kota-kota tersebut untuk pulang ke kampung halaman, seperti Banyuwangi, Jember, Yogyakarta hingga Jawa Barat.

"Kalau penumpang terbanyak masih dipegang stasiun Gubeng, lalu Pasar Turi, dan terakhir Malang, untuk lainnya tak terlalu ada peningkatan yang signifikan," katanya. (hrs)