H-3 Jelang UCLG Aspac, Pemkot Surabaya Siap-siap

10 Sep 2018 20:45 Surabaya

Selain membahas kota berkelanjutan, public space dan Kota Layak Anak (KLA), Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga melakukan berbagai macam persiapan untuk menyemarakkan agenda United Cities Local Goverment (UCLG) Aspac pada 13-15 September 2018 di gedung Dyandra Convention Hall.

Kepala Dinas Pariwisata Antiek Sugiharti mengatakan, untuk menyemarakkan acara UCLG, Pemkot akan menyajikan berbagai macam atraksi dan hiburan kepada 800 peserta yang bakal mengikuti kegiatan dua tahunan ini.

"Mulai dari visit tour ke Tugu Pahlawan, House of Sampoerna, beberapa tempat ibadah, kampung-kampung, Jembatan Suroboyo melihat air mancur, Museum Surabaya, Comand Center 112 dan Coworking Space yang ada di Siola," kata Antiek di kantor Humas Pemkot Surabaya, Senin, Senin, 10 September 2018.

Selain mengunjungi beberapa tempat wisata, Antiek juga mengajak para delegasi menikmati acara Mlaku-mlaku Nang Tunjungan pada malam harinya. Namun, kata dia, sebelum tiba di jalan tunjungan, rombongan terlebih dahulu menunggangi becak hias dan jeep dari gedung dyandra.

Lebih lanjut, para rombongan akan diturunkan di dua lokasi yaitu Dermaga Monkasel untuk tamu VVIP dan Dermaga Taman Lrestasi untuk tamu VIP. Mereka diajak menyusuri tepian sungai Kalimas dan Taman Prestasi di malam hari dengan iringan musik patrol sebelum tiba di Dermaga Siola.

"Jumlah becak VVIP sebanyak 75 unit, lalu becak VIP sebanyak 88 unit dan Jeep sebanyak 70 mobil," sambungnya.

Sementara itu, dikarenakan acara ini akan menutup sebagian ruas jalan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya dan Satlantas Polrestabes Surabaya akan melakukan pola alih arus lalu lintas dan lokasi parkir selama kegiatan.

"Untuk acara mlaku-mlaku tunjungan mulai ditutup pada Kamis, 13 Agustus 2018, pukul 00.00 WIB guna pemasangan panggung dan perlengkapan," kata Kepala Dinas Perhubungan Irvan Wahyudrajad.

Sedangkan kegiatan welcome dinner yang akan diadakan di Balai Kota Surabaya, lanjut Irvan, pemkot juga melakukan pola alih arus lalu lintas. Dari gubernur Suryo dan Jalan pemuda yang mengarah ke Balai Kota dibelokkan ke kanan atau kiri masuk jalan ketabang kali.

"Selain itu, Balai Kota ditutup arus lalin diluruskan ke arah Jalan Ambengan, kemudian dari Jalan Jaksa Agung Suprapto menuju Balai Kota diluruskan ke arah Jalan Ambengan," paparnya.

Terkait parkir saat acara welcome dinner, Dishub sudah menyediakan beberapa titik. Untuk R-4 antara lain Jalan Sedap Malam, Jalan Jimerto, Jala  Wijaya Kusuma, Jalan BKR Pelajar, Jalan Pacar.

Sedangkan lokasi parkir R-2, Jalan Jaksa Agung Suprapto sisi barat dan Jalan Jaksa Agung Suprapto sisi Timur dan Jalan Sedap Malam.

Fulvia selaku divisi komunikasi media officer UCLG Aspac menambahkan, agenda global ini sangat bagus untuk Kota Surabaya utamanya dalam hal inovasi pembangunan lokal yang berkelanjutan. “Ini yang menjadi inti pembahasan di kongres ini,” ujarnya.

Dirinya berharap, melalui berbagai macam pembahasan dan diskusi yang akan dihadiri oleh pemda/pemkot, praktisi dan universitas se-asia pasifik, muncul ide-ide kreatif dan inovatif yang nantinya dapat ditiru dan diterapkan di negara masing-masing. (frd/wit)

Penulis : Farid Rahman
Editor : Witanto


Bagikan artikel ini