Calon Walikota Tangerang Selatan Siti Nur Azizah, yang gemar dengan  olah raga menembak, sedang berlatih. ( foto: dok pribadi.
Calon Walikota Tangerang Selatan Siti Nur Azizah, yang gemar dengan olah raga menembak, sedang berlatih. ( foto: dok pribadi.

Pilkada Tangsel, Elektabilitas Putri Wapres Unggul di Survei

Ngopibareng.id Nasional 30 November 2020 20:00 WIB

Jelang sepuluh hari pencoblosan Pilkada Tangsel 9 Desember 2020, Lembaga Kajian Politik Parameter Demokrasi Indonesia merilis hasil survei terbarunya. Dalam survei tersebut, pasangan nomor urut dua Azizah-Ruhama berhasil unggul atas dua pasang calon lainnya.

Calon Walikota Tangerang Selatan yang nama lengkapnya Siti Nur Azizah merupakan putri Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

Pasangan Walikota dan Wakil Walikota Tangsel Azizah-Ruhama mendapatkan pilihan 27,8 persen dari responden, disusul pasangan Benyamin-Pilar yang mendapat 26,4 persen dan pasangan Muhamad-Saraswati sebesar 25,8 persen.

"20 persen responden masih merahasiakan pilihannya. Dan hasil temuan di lapangan, pasangan Azizah Ruhama berhasil menjadi kuda hitam dan naik ke peringkat pertama," jelas Mahardika peneliti Parameter Demokrasi Indonesia, Senin 30 November 2020.

Survei Parameter dilakukan pada 17 -24 November dengan mengambil 800 responden melalui multistage random sampling. Adapun tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen dan margin of error 3,4 persen.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, bahwa dari hasil surveyi di lapangan diketahui peningkatan suara pasangan Azizah Ruhama terjadi dikarenakan tingginya aktivitas kampanye berupa sosialisasi program, pembagian souvenir dan kunjungan calon ke tengah-tengah masyarakat.

Selain itu peningkatan suara pemilih terjadi dikarenakan ada isu negatif yang berkembang di dua pasangan calon lainnya sehingga membuat pemilih menjatuhkan pilihan lain kepada pasangan Azizah Ruhama.

"Dengan GAP antar pasangan yang kurang dari 5 persen dan pemilih yang belum menentukan pilihan sebanyak 20 persen, segala kemungkinan masih bisa terjadi. Dan semua paslon masih berpeluang untuk menang," ujar Mahardika.

Dari hasil survei pun diketahui tren peningkatan elektabilitas terutama terjadi di pasangan Azizah Ruhama dan Muhamad Saraswati, sedangkan pasangan Benyamin Pilar justru mengalami penurunan tingkat elektabilitas dibandingkan sebelumnya.

Tren Elektablitas Paslon Pilkada Tangsel :

1. Muhamad - Saraswati : September 20,9 persen, Oktober 23,5 persen, November 25,8 persen
2. Azizah - Ruhama : September 15,5 persen, Oktober 22,9 persen November 27,8 persen
3. Benyamin - Pilar : September 26,7 persen, Oktober 28 persen, November 26,4 persen

Meski beberapa lembaga survei mengunggulkan Calon Walikota Tangerang Selatan Siti Nur Azizah, tidak ingin jumawa. Ia mengajak para pendukungnya tetap rendah hati, dan terus berihtiar untuk memenangkan Pilkada Tangerang Selatan.

Penulis : Asmanu Sudharso

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Jan 2021 01:58 WIB

Lil Wayne dan Sekutu Donald Trump Mendapat Ampunan Hukuman

Internasional

Rapper Lil Wayne termasuk pendukung Donald Trump.

21 Jan 2021 01:40 WIB

Donald Trump Kabur, Lagu Lawas Y.M.C.A Viral

Musik

Donald Trump kabur tak hadiri pelantikan Joe Biden.

21 Jan 2021 01:20 WIB

5 Fakta Pernikahan Nobita dan Shizuka di Stand by Me Doraemon 2

Film

Kisah kartun Jepang, Doraemon berlanjut di Stand by Me 2.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...