Suasana Terminal Purabaya di H+1 Lebaran, Minggu 17 Juni 2018. (foto: hrs/ngopibareng)

H+1 Lebaran, Pemudik di Terminal Purabaya Turun

17 Jun 2018 14:04

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Masuk H+1 lebaran, Terminal Purabaya sudah mengalami penurunan penumpang. Hal tersebut dikarenakan puncak arus mudik sudah terjadi pada kemarin tepatnya di hari kedua lebaran.

Kepala UPT Terminal Purabaya, Hardjo mengakatan hari ini sudah terlihat ada penurinan penumpang. Dia mencatat hingga pukul 13.00 WIB tadi sudah ada 24.000 penumpang yang naik di terminal Purabaya ini.

"Jika kita melihat dari data kemarin di jam yang sama, yakni pukul 13.00 ada penurunan penumpang. Kemarin dijam yang sama ada 31.000 penumpang sekarang hanya 24.000," kata Hardjo saat ditemui di Terminal Purabaya, Minggu 17 Juni 2018.

Meski mengalami penurunan, menurut Hardjo hingga kini kepadatan penumpang yang hendak melakukan mudik masih begitu terasa. Namun untuk saat ini katanya hanya pemudik yang jarak pendek saja.

"Kita untuk arus mudik masih terasa di terminal purabaya, penumpang masih berbondong-bondong datang ke terminal. Jadi penumpang saat ini ada padat merayap," katanya.

Selain itu, Hardjo menilai Masyarakat yang melakukan mudik lebaran terakhir pada hari ini. Karena ia memprediksi besok akan mulai adus balik.

"Untuk prediksi kita sampai hari ini untuk keberangkatan mudik, karena besok kita prediksi akan mulai arus balik," ujarnya.

Selain itu, Ia juga memperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada hari Selasa dan Rabu besok. Sebab menurut Hardjo hari Kamis sudah banyak pegawai yang mulai masuk kerja.

"Untuk puncak arus balik kita prediksi ada dua hari, itu hari Selasa dan Rabu, karena Kamis sudah masuk kerja," ucap Hardjo. (hrs)