Gus Sholah ajak Jokowi masuk Kamar KH Hasyim Asy'ari Bertafakur

18 Dec 2018 16:31 Politik

Dalam kunjungannya ke Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Presiden Joko Widodo sempat diajak Pengasuh Pesantren Tebuireng, KH Solahuddin Wahid (Gus Sholah) untuk masuk ke dalam kamar bersejarah tempat dulu KH Hasyim Asy'ari bertafakur dan salat malam.

Di dalam kamar yang berada di Ndalem (rumah), Kasepuhan Pesantren Tebuireng itu, Jokowi juga ditemani berdialog dan berdiskusi ringan empat mata dengan Gus Sholah.

Dalam sebuah foto yang dikirimkan Irfan Wahid (Gus Ipang), Putra Gus Sholah pada ngopibareng.id, tampak Jokowi duduk berhadapan dengan Gus Sholah.

Di dalam kamar yang kira-kira berukuran 4x4 itu, tampak dua lukisan besar bergambar KH Hasyim Asy'ari. Beberapa buku atau kitab juga tampak tertata di sebuah lemari buku.

"Pertemuan bersejarah di ruang bersejarah. Pak Jokowi berdiskusi empat mata dengan Gus Sholah di kamar tempat KH Hasyim Asy’ari dahulu bertafakur dan shalat malam di Ndalem Kesepuhan Pesantren Tebuireng. Semoga barokah," tulis Gus Ipang.

Sementara itu, kunjungan Jokowi ke Tebuireng kali ini sekaligus untuk meresmikan museum Islam Indonesia yang didirikan di dalam kompleks pesantren Tebuireng.

Sebelum ke Tebuireng, Jokowi juga sempat bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Daul Ulum, Jombang. Dalam kunjungan ke Darul Ulum, Jokowi sempat menjadi Imam Salat Zuhur di mushola yang ada di pesantren tersebut.

Mengenakan baju koko putih, bersarung hitam dan peci hitam, Jokowi tampak mengimami beberapa tokoh diantaranya Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin; Ketum PKB sekaligus wakil ketua MPR, Muhaimin Iskandar (Cak Imin); Sekretaris Kabinet Pramono Anung; Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, serta sejumlah tokoh dan santri pesantren Darul Ulum. (man)

Reporter/Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini