Bakal Calon Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali (kanan) saat bersama pelaku UMKM Sidoarjo. (Foto: Istimewa)

Gus Muhdlor Canangkan Program UMKM Go Digital, Begini Caranya

Pilkada 27 January 2020 11:55 WIB

Geliat Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang berada di berbagai desa di Sidoarjo menyita perhatian Bakal Calon Bupati (Bacabup) Sidoarjo Ahmad Muhdlor.

Pada Ahad 25 Januari 2020 ia mengunjungi dan melihat langsung aktivitas industri rumahan di Desa Balongdowo, Kecamatan Candi. Pria yang akrab disapa Gus Muhdlor itu mengunjungi usaha pembuatan krupuk, petis, sate kerang, dan berbagai macam olahan kupang lainnya.

Salah satu yang menarik perhatiannya adalah usaha pembuatan kupang krispi milik UMKM Kupang Jaya. Kupang krispi adalah produk olahan berbahan dasar kupang dengan campuran tepung dan diberi berbagai varian rasa.

Namun demikian pemilik UMKM Kupang Jaya, Imam Syafii mengatakan bahwa usaha kupang krispi yang digelutinya masih terkendala dengan permodalan dan promosi. Hal ini berpengaruh pada jumlah produksi yang dihasilkan.

"Omsetnya masih sekitar 160 bungkus perbulan. Per bungkusnya 10 ribu," jelas Imam.

Menanggapi hal itu bacabup yang juga putra Kiai Agoes Ali Masyhuri tersebut mengaku sudah mempersiapkan beberapa solusi yang akan ditawarkan untuk memajukan UMKM jika kelak terpilih sebagai bupati Sidoarjo.

"Di era revolusi industri 5.0 ini, kita harus melangkah pada ekonomi digital. Dengan UMKM Go Digital, pelaku UMKM tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk membangun lapak tempatnya berjualan. Ruang lapak itu sudah tersedia secara online dan bahkan bisa menjangkau konsumen lebih luas," imbuhnya.

Direktur Pendidikan Sekolah Progresif Bumi Sholawat itu juga menambahkan bahwa untuk mencapai ekonomi digital ada beberapa langkah yang harus disiapkan, antara lain seperti penyediaan insfrastruktur teknologi dan pelatihan literasi teknologi bagi masyarakat.

"Literasi teknologi ini sangat penting antara lain agar pelaku UMKM bisa mem-branding produknya dengan baik dan melalukan transaksi jual beli dengan aman secara online," ujar Muhdlor.

"Dengan adanya UMKM Digital, harapannya ekonomi masyarakat dengan mudah dapat cepat meningkat. Untuk mencapai tujuan masyarakat yang sejahtera, kita harus melakukan inovasi-inovasi dalam bidang ekonomi salah satunya adalah dengan UMKM Go Digital," pungkasnya.

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Apr 2020 11:15 WIB

Darurat Kesehatan, As'ad Said Ali: Dua Masalah Besar Menghadang

Catatan KH As'ad Said Ali

Apresiasi kebijakan Pemerintah terhadap Covid-19

02 Apr 2020 10:56 WIB

Ada Pocong Ikut Jaga, Agar Warga Takut Keluar Rumah

Nasional

Terjadi di Purworejo Jawa Tengah

02 Apr 2020 10:56 WIB

Bill Gates Desak AS Shutdown 10 Minggu

Internasional

Bill Gates mendesak seluruh AS melakukan shutdown selama 10 Minggu.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.