Gus Ipul: Pembangunan Infrastruktur untuk Persatukan Bangsa

03 Dec 2018 13:35 Jawa Timur

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) meminta insan Pekerjaan Umum (PU) dapat mengabdikan diri dalam membangun infrastruktur guna mempersatukan bangsa dan negara.

Demikian disampaikan Gus Ipul ketika membacakan Sambutan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat menjadi inspektur upacara pada Hari Bakti PU ke 73 Tahun 2018 di Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VIII Jl. Raya Waru 20 Sidoarjo, Senin 3 Desember 2018.

"Dalam rangka mengawal pemerataan dan peningkatan daya saing bangsa, diperlukan kepemimpinan yang kuat. Oleh karena itu, seluruh Insan PU harus mampu mengabdikan diri serta menjadi infrastructur manager, dan bukan construction manager," kata Gus Ipul.

Infrastruktur manager, lanjutnya, bertujuan untuk memastikan bahwa pembangunan infrastruktur dapat diselesaikan dengan tepat waktu, tepat mutu, tepat biaya dan tepat manfaat. Oleh karena itu, perlu adanya kesinambungan program pembangunan secara bertahap, khususnya bagi pemerataan pembangunan terencana.

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf ketika menjadi inspektur upacara hari bakti PU Senin 312 Foto Humas Jatim
Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf ketika menjadi inspektur upacara hari bakti PU, Senin (3/12). Foto: Humas Jatim

Infrastruktur yang dibangun tidak lagi hanya sekedar pemenuhan kebutuhan dasar, namun harus ditujukan untuk mendorong peningkatan daya saing bangsa. Untuk itu, semua pelaksanaan pembangunan infrastruktur harus di dasarkan atas proses pemrograman yang terencana dengan baik. 

Percepatan pembangunan infrastruktur, ujar Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim itu, hanya dapat dilakukan dengan hasil riset dan teknologi modern. Sehingga infrastruktur yang dihasilkan lebih berkualitas, lebih cepat dan lebih murah, sehingga muaranya mampu menyejahterakan rakyat. 

Melalui tema Hari Bakti PU tahun 2018 yakni “Bakti PUPR Bangun Infrastruktur Mempersatukan Bangsa” ini diharapkan dapat mengajak semua pihak untuk terus bekerja sama dan menjaga kekompakan dalam menyelesaikan pembangunan infrastruktur yang merata. 

“Pembangunan yang merata itu sebagai bentuk kehadiran pemerintah dan upaya di dalam mempersatukan bangsa. Mari kita bersama meningkatkan kinerja dengan hasil karya yang merupakan buah kerjasama dari semua insan PUPR yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” kata Gus Ipul.(man)

Penulis : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini