Gus Ipul Pastikan Harga Bawang Putih Stabil

10 May 2017 18:59 Surabaya

Surabaya: Menjelang Ramadhan harga sembako kian tinggi, untuk itu Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengingatkan stok di Jatim aman. Sementara pada harga bawang putih, Gus Ipul menghimbau, bahwa tidak akan ada kenaikan.

"Saat ini, stok bawang putih ini masih dalam pelayaran dan saya dengar di Tiongkok pun sudah panen," terang Gus Ipul, usai hadiri Vesak Festival dk Atrium Tunjungan Plaza 3, Rabu (10/5).

Guna mencegah kenaikan harga dan kecurangan, Gus Ipul menegaskan ada tim terpadu, juga termasuk di Jawa Timur. Nantinya tim tersebut akan menyisir sejumlah titik. Belum lagi, dari Pemerintah Jawa Timur juga menggelar kegiatan-kegiatan demi mengawasi harga sembako jelang Ramadhan dan Lebaran.

"Ada kegiatan operasi pasar lalu pasar murah. Kegiatan ini dilakukan baik pemerintah dan pedagang maupun juga produsen dan bulog. Dengan ini, akan memantau gerai-gerai banyak dan memastikan harga bahan pokok tetap stabil," tambahnya.

Gus Ipul menambahkan, pengawasan ini juga akan diperketat dengan adanya peran kepolisian dan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

"Bila diperlukan intervensi dari pemerintah, maka Pemprov Jatim telah menyiapkan bantuan ongkos angkut (BOA). Sehingga tidak terjadi lonjakan harga," tuturnya. (hrs)