Gus Ipul hadir pada acara tahlil mendiang almarhum KH Sholeh Qosim, Minggu, 13 Mei 2018, malam.

Gus Ipul Mengenang Almarhum KH Sholeh Qosim

Jawa Timur 14 May 2018 08:39 WIB

Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) hadir pada acara tahlil mendiang almarhum KH Sholeh Qosim, Minggu, 13 Mei 2018, malam.

Bersama para jemaah dan keluarga almarhum, Gus Ipul membacakan doa untuk KH karismatik yang juga guru Gus Ipul ini.

"Beliau adalah kiai kharismatik yang tak perlu lagi diragukan kesiapannya untuk menghadap Sang Pencipta. Sehingga, beliau menghadap Allah dengan riang gembira, sementara kita yang ditinggalkan ini yang bersedih," kata Gus Ipul saat memberikan sambutan di hadapan peserta pengajian.

"Ditinggal oleh seorang Kiai seperti beliau, sama halnya seperti kehilangan cahaya kehidupan. Gelap. Semoga, pasca beliau berpulang, akan muncul penerus-penerus beliau," ujar keponakan dari KH Abdurrahman Wahid (Gusdur) ini.

Gus Ipul bercerita bahwa selama hidupnya, Kiai Qosim kerap kali berbagi berbagai tips kehidupan. Termasuk rahasia Kiai Qosim yang tetap sehat di usianya ke 87 tahun.

Gus Ipul menyebut, rahasianya ada dua. Yakni, rajin sholat malam dan berjalan minimal 100 setiap hari.

"Kelihatannya mudah. Namun sebenarnya berat. Apalagi rutin tiap hari. Padahal, apabila bisa menjalankannya, besar manfaatnya," kata Gus Ipul.

Gus Ipul hadir pada acara tahlil mendiang almarhum KH Sholeh Qosim Minggu 13 Mei 2018 malamGus Ipul hadir pada acara tahlil mendiang almarhum KH Sholeh Qosim, Minggu, 13 Mei 2018, malam.

Menurut Gus Ipul, rutinitas Kiai Qosim tersebut sebagian besar merupakan bagian dari berdakwah. Kiai Qosim memang rajin mendatangi kegiatan pengajian, baik yang sifatnya rutin maupun isidental.

"Mau pengajian besar atau kecil, beliau pasti bersedia hadir kalau diundang. Bahkan, menjelang beliau wafat, beliau masih sempat berdakwah di salah satu pengajian. Beliau memang selalu melangkahkan kakinya ke kebaikan," kata Gus Ipul.

"Bahkan beliau meninggal dalam keadaan bersujud saat Shalat Magrib. Ini menjadi pertanda bahwa beliau mendapat tempat terindah di sisi-Nya," katanya.

Ia mengajak para santri untuk mengilhami semangat dakwah yang digelorakan oleh Kiai Qosim.

"Beliau adalah seorang ulama kekasih Allah. Beliau Insya Allah meninggal dalam keadaan Khusnul Qotimah," kata Gus Ipul mengakhiri.

Untuk diketahui, Kiai Qosim meninggal dunia pada Kamis, 10 Mei 2018, malam.

Kiai Qosim merupakan salah satu ulama besar di Indonesia. Beliau juga pernah tergabung dalam Laskar Sabilillahh yang ikut memerdekakan Republik Indonesia. (frd/wah) 

Penulis : Farid Rahman

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

24 Sep 2020 19:58 WIB

Puluhan Tukang Becak Doakan Gus Ipul Menang Pilkada

Pilkada

Doa mereka panjatkan usai Gus Ipul menghadiri pengundian nomor urut palon.

24 Sep 2020 18:49 WIB

Pilwali Pasuruan, Gus Ipul-Mas Adi 1, Teno-Hasjim 2

Pilkada

Gus Ipul-Mas Adi mendapatkan nomor urut 1.

22 Sep 2020 18:04 WIB

Tak Ada Pembangunan, Nelayan Kota Pasuruan Mengeluh ke Gus Ipul

Pilkada

Gus Ipul blusukan ke kampung nelayan Kota Pasuruan.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...