Calon Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf saat bertemu perwakilan tukang ojek se Kota Pasuruan. (Foto: Istimewa)
Calon Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf saat bertemu perwakilan tukang ojek se Kota Pasuruan. (Foto: Istimewa)

Gus Ipul Gandeng Ojek Jadi City Guide Kota Madinah

Ngopibareng.id Pilkada 08 October 2020 21:57 WIB

Calon Walikota (cawali) Pasuruan Saifullah Yusuf akan menjadikan teman - teman ojek online dan ojek konvensional sebagai city guide di Kota Pasuruan.

Hal itu disampaikannya usai menghadiri acara deklarasi dukungan Sakera Suropati Oke (Sasuke) untuk paslon nomor urut 01, Gus Ipul - Mas Adi di Posko Pemenangan Merah Putih, Kamis, 8 Oktober 2020 siang.

"Semuanya, kami gandeng. Baik itu ojek online ataupun ojek pangkalan. Kebetulan hari ini, saya dan Mas Adi dapat dukungan dari teman - teman ojek online," kata Gus Ipul usai kegiatan.

Dia menjelaskan, jika diberi amanah memimpin Kota Pasuruan,  ojek online dan ojek pangkalan akan dijadikan sebagai duta wisata atau semacam city guide untuk Kota Pasuruan.

"Teman - teman ojek akan kami libatkan dan nantinya mereka yang akan mengantarkan tamu atau wisatawan saat datang dan berkunjung ke Kota Pasuruan," jelas dia.

Dia menyebut, keberadaan teman - teman ojek ini akan mendukung pemerintah yang akan fokus dan konsentrasi mendongkrak pariwisata di Kota Pasuruan.

"Harus ada pemantiknya. Saya kira, potensi wisata Kota Pasuruan sudah luar biasa. Ada makam ulama besar yang selalu ramai wisatawan. Tinggal dikembangkan saja," tambah dia.

Ia menyatakan, untuk mengarah kesana, pihaknya akan memberikan pelatihan teman - teman ojek. Jadi, akan ada kursus bagi mereka.

"Jadi kursusnya ini lebih menekankan agar teman - teman ini bisa jadi duta wisata. Memahami informasi, dan bisa berbagi informasi ataupun bercerita tentang Kota Pasuruan, baik itu sejarah ataupun masa kini," papar dia.

Gus Ipul juga sedang memikirkan apakah memungkinkan jika teman - teman ini juga digandeng untuk memberikan pelayanan yang support program pemerintahan.

"Semisal melayani antar berkas atau lainnya. Jika itu memungkinkan, akan kami laksanakan ke depan. Yang jelas kami akan libatkan mereka," urai dia.

Dalam pertemuan ini, Gus Ipul juga mendengar banyak keluhan yang mayoritas ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

"Saya kepikiran akan membuatkan koperasi untuk memperkuat penghasilan teman - teman ini. Nanti akan kami siapkan skemanya seperti apa," jelas dia.

Terpisah, Indro Dinoto, Ketua Sakera Suropati Oke (Sasuke) mengaku sangat bangga ketika Gus Ipul memiliki tujuan baik untuk menggandeng teman - teman ojek online atau konvensional demi kemajuan Kota Pasuruan.

"Itu yang dibutuhkan teman - teman. Jadi, paguyuban ini sebenarnya wadah untuk bisa mendapatkan legalitas. Bagi kami, legalitas bisa menjadikan kami untuk menawarkan kerjasama dalam pembangunan," ungkap dia.

Ia secara pribadi bangga karena Gus Ipul mau mendengarkan keluhan teman - teman ojek online ini. Ia berharap Gus Ipul - Mas Adi bisa membawa Kota Pasuruan menuju perubahan.

"Prinsipnya teman - teman, bisa bekerja nyaman," pungkas dia

Penulis : Rohman Taufik

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

01 Dec 2020 09:59 WIB

BTS di Puncak 3 Tangga Lagu Billboard

ngopiK-pop

Lagu Life Goes On dan Dynamite mengusai 3 tangga lagu di Amerika.

01 Dec 2020 09:42 WIB

Covid-19 di Kediri Tinggi Walikota Minta Warga Tak Nongkrong

Rek, Ojok Angel Tuturane

Efek libur panjang beberapa waktu lalu.

01 Dec 2020 09:34 WIB

10 Rekomendasi KPAI Jelang Sekolah Tatap Muka

Pendidikan

Sekolah tatap muka direncanakan berlangsung pada Januari 2021.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...