Gus Dur dalam lukisan berbusana khas masyarakat Tionghoa. (Foto: Istimewa)

Gus Dur dan Orang Cina, Ini Humor Paling Bikin Jengkel

Humor Sufi 25 January 2020 07:16 WIB

Dengan muka polos seorang lelaki etnis Cina merasa kebingungan dengan orang-orang Indonesia. Dianggapnya orang-orang Indonesia itu aneh dan lucu. Aneh? Ya, karena orang-orang Indonesia, jelas lelaki itu, seringkali menyebut istilah yang sebetulnya berbeda dengan kata yang sama.

Lucu, karena dianggap tak bisa menggunakan kata dengan benar. Kepada lawan bicaranya --masih dengan wajah polosnya-- ia bilang begini :

"Olang-olang Indonesia itu lucu ah. Semua-semua dibilang sama. Padahal beda ah!"

"Binatang kicik-kicik (kecil-kecil), melah-melah (merah-merah), dibilang ‘sumu' (semut). Ada daging, dipotong-potong, dikasih kecap, dibilang ‘sumu' (maksudnya, semur).

Berhenti sejenak. Lelaki beretnis Cina melanjutkan lagi.

Ada tanah digali-gali, kelual ael (air) dibilang ‘sumu' (maksudnya, sumur). Panas-panas, kipas-kipas, dibilang ‘sumu' (maksudnya sumuk, gerah). Semua-semua dibilang ‘sumu', haya!!"

Lelucon yang sering dilontarkan KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur, almaghfurlah) itu dikisahkan kembali oleh Inayah Wahid, puteri bungsu presiden RI ke-4, di forum Gusdurian Jakarta.

Apalagi Inay, demikian perempuan itu akrab disapa, membawakannya dengan penuh semangat dan ekspresif. "Itu humor yang selalu saya bikin ketawa. Entah kenapa ..." terangnya.

Ada Humor Gus Dur yang dikisahkan Imam Malik. Kisah tersebut, terdokumentasi pada sebuah buku humor Gus Dur berbahasa Jerman. "Saya sendiri tahu dari kawan yang sekolah di Jerman".

Begini ceritanya. Kisah berlangsung di sebuah konferensi antaragama dunia yang digelar di lantai 13 sebuah hotel. Tiba-tiba saja seorang perempuan cantik terjatuh dari lantai 13.

Beruntung perempuan itu berhasil ditangkap pertama kali oleh tokoh agama Kristen hingga ia selamat tak terjatuh ke lantai dasar. "Saya sudah menyelamatkan Anda. Mau tidur dengan saya?" tanya tokoh agama Kristen itu.

"Tidak tuan, saya tak ingin tidur dengan anda," jawab perempuan itu.

Mendengar penolakan ini, si tokoh agama Kristen lalu melepas tubuh perempuan cantik.

Tubuh itupun terhempas ke bawah.
Beruntung bisa ditangkap seseorang. Ia tak lain tokoh agama Yahudi. Seperti tokoh agama Kristen, si tokoh agama Yahudi itu melempar tanya serupa.
"Anda mau tidur dengan saya?"

Si perempuan menolak. Tubuh perempuan itupun meluncur ke lantai 3. Di sana sudah ada tokoh agama Islam yang akan menangkap tubuhnya. Berhasil!
Pertanyaan itupun dilontarkan lagi. "Anda mau tidur dengan saya?," tanya tokoh agama ini.

Ajaib! Perempuan itu bilang, "Ya, saya bersedia." Saking gembiranya, si tokoh agama berteriak kaget sembari mengangkat tangan. Subhanallah!!! Dan perempuan itu terjatuh ke lantai dasar.

"Dalam soal humor, tak ada kontroversi. Gus Dur itu bapak humor Indonesia," jelas Imam Malik.

Penulis : Riadi

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Aug 2020 09:52 WIB

Itung-itungan Ganti Rugi Juventus Pecat Maurizio Sarri Rp345 M

Liga Champions

Posisi Maurizio Sarri sebagai pelatih Juventus digantikan oleh Andre Pirlo.

09 Aug 2020 09:39 WIB

Film Forbidden Kingdom: Misi Menjaga Tongkat Emas Raja Kera

Film

Misi menjaga tongkat emas di film Forbidden Kingdom.

09 Aug 2020 09:27 WIB

Kemarin, Gilang Fetish Muncul dan PN Surabaya Dilockdown

Surabaya

Berita dari Surabaya kemarin.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...