Guru Honorer Banting Siswa Diskorsing Ngajar 3 Bulan

09 Apr 2019 16:28 Pendidikan

Video seorang guru yang bertengkar, bergumul, lalu membanting muridnya viral di media sosial. Peristiwa itu terjadi di Bojonegoro. Rekaman berdurasi 27 detik itu memperlihatkan seorang guru yang sedang menasihati siswanya yang duduk di kursi guru. Saat dinasihati, siswa terlihat juga mengatakan sesuatu.

Namun tiba-tiba si guru mencekik leher sang siswa. Siswa tersebut rupanya tak terima dan melawan. Terjadilah saling dorong. Mereka bergumul dan berakhir dengan guru membanting siswanya tersebut. Sejumlah siswa lalu datang dan melerai mereka.

Guru tersebut ternyata seorang guru tidak tetap (GTT) atau honorer yang mengajar di SMA Negeri 1 Tambakrejo Bojonegoro. "Kejadian itu dilakukan oleh oknum guru GTT yang mengajar Bimbingan Kesiswaan (BK)," ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jatim di Bojonegoro Adi Prayitno, Selasa 9 April 2019.

Adi mengatakan guru BK tersebut berinisial AS. Ia sudah setahun mengajar di SMA tersebut. Menurut Adi, pihaknya sudah menyelesaikan persoalan yang terjadi pada 29 Maret 2019 tersebut. "Sudah kami selesaikan," ujarnya.

Rencananya, sambung Adi, AS akan diskorsing untuk tidak mengajar terlebih dahulu sambil diadakan pembinaan sampai batas waktu tertentu agar kepribadiannnya berubah. "Kurang lebih tiga bulan sampai pembinaan kepribadiannya berubah," imbuhnya. (yas)

Reporter/Penulis : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini