Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Foto: Dok. Kemendikbud)
Logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Foto: Dok. Kemendikbud)

Guru Belajar, Pelatihan Daring Persiapan Sekolah Tatap Muka

Ngopibareng.id Rek, Ojok Angel Tuturane 26 November 2020 19:16 WIB

Sebagian besar guru khawatir akan keselamatan dirinya dan siswa apabila sekolah dibuka kembali pada Januari 2021. Mereka khawatir jika sekolah akan menjadi klaster baru penularan virus corona jika pembelajaran jarak jauh (PJJ) akan diubah menjadi belajar tatap muka.

Menanggapi hal ini, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Iwan Syahril mengatakan, sebelum dilakukan pembukaan sekolah tatap muka akan ada persiapan bagi guru.

"Kita akan lakukan kembali lagi seperti bulan Juni, Juli dulu. Kita akan adakan semacam persiapan ke arah sana. Kita coba untuk implementasi kurikulum darurat, guru-guru bingung kan. Nah, kita buat program Guru Belajar," terangnya melalui konferensi video, Kamis 26 November 2020.

Guru Belajar adalah pelatihan daring yang digelar Kemendikbud melalui YouTube maupun konferensi video. Pelatihan ini dilakukan untuk membiasakan guru mengajar di tengah pandemi.

Iwan mengatakan pelatihan tersebut merupakan bentuk sosialisasi dan bantuan penalaran kebijakan pemerintah kepada guru di lapangan. Hal serupa pun akan dilakukan untuk kebijakan pembukaan sekolah.

"Kami GTK (Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan) terus mencoba berbagai cara sehingga membentuk guru-guru dalam memahami gimana nih, daerah kan berbeda-beda, ada yang sampai sekarang masih hijau, tapi lumayan sering bergerak ke kuning, oranye, dan merah," jelasnya.

Menurut Iwan, pembukaan sekolah juga membutuhkan partisipasi dari berbagai pihak. Baik dari guru, siswa, orang tua, dan pemerintah daerah setempat.

"Kekhawatiran guru bisa dijawab dengan memastikan penerapan protokol kesehatan dan pengawasan dari pemerintah daerah dilakukan dengan ketat," terang dia.

Sebelumnya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memberikan kewenangan memutuskan pembukaan sekolah kepada pemda. Sekolah di semua zona bisa melakukan pembelajaran tatap muka asal memenuhi daftar periksa yang ditentukan pusat.

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Jan 2021 12:00 WIB

Mendikbud Revitalisasi Pendidikan Vokasi di 900 SMK

Pendidikan

Pendidikan vokasi akan dikembangkan kemendikbud di 900 SMK.

25 Jan 2021 11:40 WIB

Comeback, MU Kalahkan Liverpool 3-2

Liga Inggris

Gol bruno Fernandes menjadi gol penutup kemenangan MU

25 Jan 2021 11:39 WIB

Vaksin Merah Putih Disiapkan untuk Gantikan Vaksin Covid-19

Nasional

Ilmuan dorong pemerintah perhatian serius terhadap vaksin merah putih.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...