Jalur Pendakian Gunung Ijen Segera Dibuka Kembali

05 Nov 2019 22:17 Jawa Timur

Setelah ditutup akibat kebakaran hutan, Taman Wisata Alam (TWA) Ijen segera dibuka kembali untuk wisatawan. Rencana pembukaan jalur pendakian ini menyusul dihentikannya status tanggap darurat kebakaran di Banyuwangi. Kondisi jalur pendakian menuju kawah Ijen juga sudah dinyatakan aman untuk wisatawan.

Rencana pembukaan pendakian ke Kawah Ijen ini disampaikan Komandan Satgas Tanggap Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan Banyuwangi Letkol Infanteri Yuli Eko Purwanto, Selasa, 5 November 2019. Pihaknya bersama instansi terkait dan relawan telah melakukan normalisasi di sekitar TWA Ijen agar jalur pendakian bisa segera dibuka kembali.

"Secara umum kita sudah lakukan pengecekan-pengecekan terakhir dan normalisasi juga. Jalur pendakian (Gunung Ijen) sudah dapat dipastikan aman," katanya ditemui di kawasan Paltuding yang merupakan pintu masuk jalur pendakian Gunung Ijen.

Pria yang juga Komandan Kodim 0825 Banyuwangi ini mengajak semua orang berdoa agar bencana seperti ini tidak terjadi lagi. Sebab keberadaan Ijen bisa mengangkat perekonomian masyarakat.

"Sore ini kita buat laporan secara tertulis kepada bapak Bupati. Kalau laporan Lisan sudah kita lakukan tadi siang. Kemudian diikuti BKSDA menyampaikan laporan ke BBKSDA Provinsi, semoga secepatnya bisa dibuka," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Wilayah III Jember BBKSDA Jawa Timur, Setyo Utomo mengatakan jalur pendakian ke Kawah Ijen sudah dicek oleh tim. Kondisinya sudah aman dan nyaman bagi pengunjung. Dia mengatakan, secepatnya jalur pendakian akan dibuka kembali.

"Rencana malam ini juga saya akan bersurat ke pimpinan di Surabaya. Melaporkan kondisi bahwa Ijen sudah layak untuk dibuka kembali. Kita berharap besok atau lusa sudah bisa dibuka kembali. Yang jelas kita sudah berikan alasan dan rekomendasi untuk segera dibuka," tegasnya.

Penulis : Muh Hujaini
Editor : Rohman Taufik


Bagikan artikel ini