Gunduli Sriwijaya FC 2-0, Persebaya Lolos Semifinal Sebagai Juara Grup

28 Feb 2018 21:43

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Persebaya Surbaya sukses menjadi jawara grup B Piala Gubernur Kaltim dan melaju ke babak semifinal, usai menggunduli Sriwijaya FC dengan skor 2-0. Gol kemenagan tim Bajol Ijo dicetak oleh Fandi Eko Utomo dan Osvaldo Haay.

Persebaya yang meraih kemenangan dalam pertandingan ini, tak di dapat dengan mudah. Pasalnya kedua tim bermin cukup baik hingga akhir pertandingan. Sehingga laga ini berjalan cukup alot.

Di babak pertama, pertandingan yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan ini berlangsung cukup menarik. Sebab sejak menit pertama Persebaya harus mendapatkan tekanan terlebih dahulu dari tim berjuluk Laskar Wong Kito. Sriwijaya berhasil membuka peluang terlebih dahulu melalui Yogi Rahardian yang berhadapan langsung dengan kiper Dimas Galih. Namun peluang tersebut gagal dimanfaatkan menjadi gol.

Bajol Ijo baru berhasil membalas pada menit ke-5, dari aksi Abu Rizal Maula. Tendangan pemain asal Madura itu dari luar kotak penalti masih menyamping di kiri gawang Sriwijaya yang dikawal oleh Sandi Firmasyah.

Tapi hingga pertengahan babak pertama masih belum ada satu gol pun yag tercipta.

Baru pada menit 45, akhir babak pertama Fandi Eko Utomo berhasil mengoyak gawang Laskar Wong Kito. Gol tersebut sekaligus menutup akhri babak pertama dengan skor 1-0 untuk keunggulan Bajol Ijo.

Memasuki babak kedua, lagi-lagi Persebaya harus tertekan terlebih dahulu, karena terlambat panas. Patrich Wanggai yang menggocek bola mengumpan ke Risky Dwi berhasil menggetarkan jala Dimas Galih. Tapi gol tersebut dianulir oleh wasit karena offside.

Persebaya yang membalas serangan, juga berhasil membuat peluang cantik dari tendangan keras Oktavianus Vernando dari sudut kiri gawang Sriwijaya, namu sayaang tendangannya masih jauh dari jangkauan kiper Sandi Firmasnyah.

Bajol Ijo yang unggul dalam serangan, mencoba melancarkan variasi serangan baru, dengan bermain melalui tengah. Alhasil serangan tersebut muaran dilakukan hingga mampu menggandakan kedudukan.

Gol Osvaldo Haay pada menit 61, itu bermula dari umpan Ricky kayame yang berada di kanan lapangan membuat umpan silang dan langsung disambut apik oleh Osvaldo.

Berniat untuk bangkit, Sriwijaya juga melancarkan serangan guna dapat memperkecil kedudukan. Mernit 87 Syahrian Abimanyu mendapatkan peluang, tendangannya dari jarak dekat masih bisa digagalkan oleh Dimas Galih yang berdiri mengawal gawang Persebaya.

Peluang terakhiryang di dapat tersebut, tak dapat merubah kedudukan 2-0 untuk kemenangan Persebaya. Hingga wasit meniup peluit akhir pertandingan skor pun tak berubah.

Dengan kemenangan ini, Persebaya dipastikan lolos ke babak semifinal sebagai juara grup B dan akan bertemu dengan Arema FC. Sementara Sriwijaya FC turut menemani Bajol Ijo sebagai runner up serta akan melawan Borneo FC senagai juara grup A. (hrs)