Kualifikasi Euro 2020Gulung Siprus, Rusia Melaju ke Putaran Final Euro 2020

14 Oct 2019 03:01 Dunia

Rusia memastikan diri lolos ke Euro 2020 setelah membantai Siprus lima gol tanpa balas. Hasil ini memastikan Sbornaya (julukan Timnas Rusia) mendampingi Belgia yang sebelumnya lolos terlebih dahulu dari Grup I.

Bertandang ke Neo GSP Stadium, markas Siprus, Rusia berhasil mencetak gol cepat menit ke-9. Denis Cheryshev berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Menit ke-22, Rusia menggandakan keunggulan setelah Magomed Ozdoev berhasil mengkonversi umpan matang Cheryshev menjadi gol.

Siprus semakin merana ketika pemain belakangnya, Konstantinos Laifis diganjar kartu merah langsung oleh wasit Srdan Jovanovic dari Serbia. Unggul jumlah pemain, Rusia semakin gencar menggempur pertahanan Siprus. Namun hingga 45 menit babak pertama usai, skor 2-0 tidak berubah.

Di babak kedua, Rusia tetap tampil mendominasi. Beberapa peluang mereka dapatkan namun masih gagal menambah pundi-pundi gol. Skuat Stanislav Cherchesov harus menunggu hingga menit kr-79 untuk mendapat gol ketiga di laga ini.

Artem Dzyuba berhasil mencetak gol ketiga Rusia. Kemudian giliran Aleksandr Golovin yang ikut menambah pesta gol Rusia menjadi 4-0. Di masa injury time, Cheryshev mencetak gol keduanya di laga ini dan menggenapkan keunggulan Rusia menjadi 5-0.

Hasil ini memastikan Rusia lolos ke Euro 2020 mendampingi Belgia yang sebelumnya telah lolos. Rusia mengumpulkan 21 poin dari 8 laga dan menduduki peringkat ke-2 dibawah The Red Devils (Julukan Belgia).

Belgia sendiri pada laga ke-8 kualifikasi Euro Grup I berhasil mengalahkan Kazahkstan 2-0. Dua gol Belgia dicetak oleh Mitchy Batshuayi dan Thomas Meunier. Belgia kokoh di puncak Grup I dengan torehan sempurna dari 8 laga yakni 24 poin.

Frankie de Jong merayakan golnya bersama rekan setimnya ketika Belanda menggasak Belarusia 21 Foto TwitterUEFAEURO
Frankie de Jong merayakan golnya bersama rekan setimnya ketika Belanda menggasak Belarusia 2-1. (Foto: Twitter/@UEFAEURO)

Belanda Buka Peluang Lolos

Laga Kualifikasi Euro 2020 Grup C yang mempertemukan tuan rumah Belarusia dengan Belanda berhasil dimenangkan tim tamu dengan skor 2-1. Kini, Oranye (Julukan Timnas Belanda) membuka peluang lolos ke Euro 2020 setelah empat tahun lalu mereka absen di turnamen antar negara Eropa tersebut.

Di babak pertama Belanda sudah unggul dua gol atas Belarusia. Dua gol tersebut diborong oleh pemain asal klub Liverpool, Georginio Wijnaldum menit ke-32 dan 41. Di babak kedua, Belanda menggendurkan serangan. Hasilnya Belarusia berhasil menipiskan ketertinggalan menjadi 1-2 setelah Stanislav Dragun mencetak gol ke gawang Jasper Cillessen.

Hasil ini membuat Belanda mengumpulkan 15 poin dari enam laga. Unggul 3 angka dari Irlandia Utara serta Jerman di bawah mereka. Belanda kini tinggal membutuhkan satu kemenangan untuk lolos ke Euro 2020. Sementara Jerman sendiri saat ini tengah bertanding melawan Estonia.

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Rizal A


Bagikan artikel ini