Guendouzi Sosok di Balik Sukses Arsenal Dapatkan Saliba

26 Jul 2019 16:35 Liga Inggris

Arsenal resmi membuat kesepakatan dengan William Saliba dari Saint-Etienne pada Kamis 25 Juli 2019 waktu setempat dengan biaya transfer senilai 27 juta poundsterling.

Saliba menjadi pemain ketiga yang bergabung dengan Arsenal di musim panas ini. Perekrutan Saliba hanya berselang beberapa jam saja dengan pengumuman bergabungnya gelandang Real Madrid, Dani Ceballos, dengan status pinjaman.

Meski sudah berstatus sebagai pemain The Gunners, pemain bertahan yang baru berusia 18 tahun itu akan menghabiskan musim depan dengan status pinjaman di klub yang menjualnya, Saint-Etienne, sebelum bergabung dengan Arsenal pada musim depan.

Saliba menjadi pemain kedua yang dikonfirmasi dalam kurun waktu dua jam oleh salah satu tim raksasa Premier League itu setelah kesepakatan kontrak Ceballos dengan status pinjaman selama satu musim.

Arsenal dikabarkan sudah tertarik dengan talenta pemain muda itu sejak lama, namun baru bisa mendapatkannya sekarang.

"Bek Prancis berperingkat tinggi William Saliba bergabung dengan kami dari klub Ligue 1 Saint-Etienne dengan kontrak jangka panjang," tulis Arsenal di laman resminya.

"Pemain yang banyak dicari ini akan menghabiskan satu musim lagi dengan status pinjaman di St Etienne sebelum bergabung dengan tim kami pada musim panas mendatang."

"Merupakan satu kebahagian bisa menandatangani kontrak bersama klub Inggris yang benar-benar besar," kata Saliba dalam situs resmi Arsenal.

"Ini adalah klub terbesar di Inggris bagi saya, jadi semuanya adalah keputusan yang mudah. Saya tidak berpikir dua kali untuk menandatangani di sini."

Faktor Guendouzi

Upaya Arsenal untuk mendapatkan Saliba tidak mudah. Pasalnya, mereka harus bersaing dengan Tottenham yang juga dikabarkan tertarik dengan pemain tersebut. Namun setelah mendapatkan masukan dari Guendouzi, Saliba akhirnya memutuskan untuk gabung The Gunners.

Pemain Timnas Prancis U-20 tersebut mengakui alasan dirinya memilih Arsenal ketimbang Spurs tak lepas dari sosok Guendouzi yang membuatnya jadi yakin untuk menerima pinangan The Gunners.

"Saya berbicara dengan Matteo [Guendouzi], saya bahkan bertemu dengannya di sebuah pasar malam di Paris. Di situlah saya berkata kepadanya bahwa Arsenal ingin memboyong saya!" ujar Saliba seperti yang dikutip dari Goal International.

"Dia dengan lembut menyarankan saya untuk datang ke sini dan memberikan penjelasan. Senang bisa bergabung dengan klub Inggris yang sangat, sangat besar," lanjutnya.

Penulis : Rizal A


Bagikan artikel ini