Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa, 21 April 2020 malam. (Foto: Alief Sambogo/Ngopibareng.id)

Gubernur Pastikan Hari ini Kit Reagen Tiba di Jatim

Jawa Timur 22 April 2020 00:41 WIB

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan kit reagen dari Pemerintah Pusat akan tiba di Surabaya pada Rabu, 22 April 2020 sehingga proses pemeriksaan swab COVID-19 bisa dilanjutkan.

"Tadi sore saya menelepon Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pusat, Pak Letjen Doni Monardo dan membicarakan itu. Insya Allah besok sudah tiba kit reagen dari Jakarta," ujarnya di Gedung Negara Grahadi di Surabaya, Selasa, 21 April 2020 malam.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut mengaku telah menerima informasi habisnya kit reagen di Institute Topical Disease (ITD) di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) Surabaya.

Dengan datangnya kit reagen, kata dia, maka diharapkan proses pemeriksaan terhadap pasien bisa kembali normal seperti semula.

Sebelumnya, melalui surat pengumuman nomor 152/UN3.9.4/TU/2020, Kepala ITD Unair Prof Maria Inge Lusida menyampaikan jika telah melakukan pemesanan kit reagen sejak 24 Maret 2020, namun hingga saat ini belum sampai di ITD Unair.

Tim Satgas Corona RSUA, dr Alfian Nur Rosyid SpP membenarkan akan kabar habisnya kit reagen di ITD Unair, bahkan hal sama juga dialami Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya.

Dia mengungkapkan, sejak 20 April 2020 RSUA tidak bisa melakukan pemeriksaan sampel untuk pasien COVID-19, padahal jumlah pasien yang mengantre untuk pengambilan swab per harinya minimal mencapai 50 orang.

Alfian menjelaskan, kit reagen merupakan salah satu komponen utama dari PCR (Polymerase Chain Reaction). Tes PCR ini berfungsi untuk memeriksa amplifikasi asam nukleat virus dengan teknologi sehingga bisa diketahui ada atau tidak genotipe virus. (ant)

Penulis : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

13 Aug 2020 16:40 WIB

Video Kritikan Amien Rais ke Presiden Jokowi

Politik

Amien Rais bilang “Pilihan Jokowi: Mundur atau Terus”.

13 Aug 2020 16:30 WIB

Video Eggy Yunaedi Demo Speed Painting Wajah Multatuli

Seni dan Budaya

Eggy Yunaedi demo melukis cepat atau speed painting.

13 Aug 2020 16:10 WIB

Arema Cari Pelatih Baru yang Bisa Tangani Tim sampai Musim Depan

Liga Indonesia

Manajemen sudah sodorkan nama pelatih baru ke jajaran direksi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...