Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran saat bersama Presiden Joko Widodo.

Gubernur Kalteng Tawarkan 3 Lokasi Calon Ibu Kota Baru Indonesia

Nasional 06 May 2019 19:35 WIB

Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengusulkan tiga daerah di Kalimantan Tengah untuk jadi ibu kota baru Indonesia. Ia mengaku sempat ditanyai oleh Presiden Joko Widodo soal potensi kota Palangkaraya saat ini jika dijadikan pusat pemerintahan.

"Saya jawab, mohon maaf Pak Presiden, kemungkinan tidak fleksibel lagi karena perkembangan zaman, kelahiran bertambah, dan perekonomian. Tapi jika Bapak Presiden berkenan, saya ajukan tiga tempat," ujar Sugianto di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin 6 Mei 2019.

Mantan suami artis sekaligus penyanyi Ussy Sulistyawati ini menjelaskan, lokasi pertama masih berada di kota Palangkaraya dengan luas area 66 ribu hektare lebih. Lokasi kedua, ada di Kabupaten Katingan dengan luas 120 ribu hektare lebih.

Selanjutnya, lokasi ketiga ada di Kabupaten Gunung Mas dengan luas lahan yang tersedia 121 ribu hektare lebih. "Kenapa disiapkan (total) 300 ribu hektare? Pak menteri tadi menyampaikan bahwa kita butuh cuma 40 ribu hektare, tapi kita melihat Indonesia jangan cuma 50 tahun atau 1 abad, tapi kesiapan lahannya betul-betul sampai kiamat, lahan ini tetap ada," kata Sugianto Sabran.

Ia pun menjelaskan potensi Kalimantan Tengah yang luasnya disebut hampir mencapai 1,5 kali Pulau Jawa dan provinsi terluas kedua setelah Papua. Sumber air bersihnya pun dipastikan terjamin.

"Kita lihat Kalteng itu terdiri dari 11 DAS (Daerah Aliran Sungai), bagaimana kebutuhan air tawar? Tentu akan saya jawab bahwa kita terdiri dari 11 DAS, yang mana banyak, ratusan sungai kecil yang siap untuk jadi ibu kota ini. Kita betul-betul siapkan," tegas Sugianto Sabran. (yas)

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

09 Jul 2020 10:50 WIB

Prabowo Tangani Lumbung Pangan, PKB: Kenapa Bukan Mentan?

Nasional

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ditunjuk oleh Presiden Jokowi.

14 Jun 2020 22:58 WIB

Menteri PUPR Tinjau Lumbung Pangan Baru di Kalimantan Tengah

PUPR

Menteri PUPR tinjau lumbung pangan baru di Kalimantan Tengah.

29 Mar 2020 16:28 WIB

Nyaris Rampung, Pembangunan Jembatan Terpanjang di Kalteng

Nusantara

Sebentar lagi, Kalteng punya jembatan terpanjang di wilayahnya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...