Gubernur Jawa Timur Soekarwo melantik empat Penjabat (Pj) Bupati, yakni Bupati Probolinggo, Bupati Sampang, Bupati Bangkalan, dan Bupati Bojonegoro. (foto: istimewa)

Gubernur Jatim Minta Bupati Baru Dilantik Ikut Kawal Pilkada

13 Mar 2018 14:30

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Gubernur Jawa Timur Soekarwo melantik empat Penjabat (Pj) Bupati, yakni Bupati Probolinggo, Bupati Sampang, Bupati Bangkalan, dan Bupati Bojonegoro.

Nama-nama yang dilantik yakni Kepala Bakesbangpol Jatim Jonathan Judianto (Pj Bupati Sampang), Asisten I Sekdaprov Jatim Suprianto (Pj Bupati Bojonegoro), Kepala Bakorwil Jember Tjahjo Widodo (Pj Bupati Probolinggo), dan Kepala Bakorwil Pamekasan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranu menjadi (Pj Bupati Bangkalan).

Pakde Karwo, sapaan Gubernur Jatim mengimbau empat Penjabat (Pj) bupati yang baru dilantik untuk kawal prosesi Pilkada. "Tugas mereka, salah satunya adalah mensukseskan pemilihan gubernur, bupati dan wakilnya," ujar Pakde Karwo, Selasa 13 Maret 2018.

Namun, menurut Pakde Karwo, yang terpenting adalah netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Karena netralitas akan menunjukkan kematangan ASN dalam proses berdemokrasi. 

"Karena dia bukan politisi, jadi harus tetap netral selama masa kampanye," sambung Gubernur Jatim. 

Namun, Pakde mengatakan setiap orang termasuk ASN memiliki hak pilih masing-masing. Karena negara tidak memiliki wewenang untuk melarang.

"Tentang kesukaannya di hati silakan, negara tidak memiliki wewenang untuk melarang itu," tambah Pakde Karwo. (hrs)