Asrama Haji Donohudan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19. (Foto: Istimewa)
Asrama Haji Donohudan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19. (Foto: Istimewa)

Gubenur Ganjar Izinkan Asrama Haji Donohudan Jadi Tempat Isolasi

Ngopibareng.id Nusantara 03 December 2020 11:37 WIB

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menanggapi permintaan Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo untuk menjadikan Asrama Haji Donohudan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19. Ganjar menegaskan pihaknya mengizinkan karena Donohudan memang dipersiapkan untuk itu.

"Oke, kalau saya oke saja. Donohudan itu memang kita siapin kok, oke saja kalau mau dipakai. Hotel ada, Donohudan juga ada. Umpama Solo mau pakai, masuk nanti sore. Nggak usah lama-lama," kata Ganjar ditemui di rumah dinasnya, Rabu 2 Desember 2020.

Ganjar memang sedang mendorong seluruh Kabupaten/Kota untuk memiliki tempat isolasi terpusat. Bahkan ditargetkan, sebelum tanggal 9 Desember mendatang, semua tempat isolasi terpusat di masing-masing Kabupaten/Kota sudah tersedia.

Dengan adanya tempat isolasi terpadu, maka masyarakat yang terpapar Covid-19 dapat lebih nyaman melewati masa karantina. Di tempat itu, mereka dapat beristirahat dengan tenang, terkontrol, dokter selalu mengecek dan makan terjamin.

"Kan memang lebih baik terpusat, daripada isolasi di rumah. Soalnya isolasi di rumah kalau tidak memenuhi syarat, justru menjadi klaster rumah tangga. Dan sekarang, klaster rumah tangga itu menjadi klaster tertinggi di Jateng," jelasnya.

Sebelumnya, Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo menegaskan bahwa ruang isolasi rumah sakit di Solo telah penuh. Ia mengusulkan agar Asrama Haji Donohudan difungsikan untuk menampung pasien positif Covid-19. Namun ia mengatakan, sudah mengusulkan hal itu pada Ganjar selama tiga kali, tapi belum ada tanggapan.

Ia beralasan, pemusatan tempat isolasi di Donohudan itu lebih baik daripada isolasi mandiri di rumah. Sebab, isolasi di rumah tidak bisa memutus mata rantai penyebaran virus, akan tetapi justru membahayakan keluarga lainnya.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

22 Jan 2021 20:46 WIB

Densus Tangkap Terduga Teroris di Aceh, 1 Orang Berstatus PNS

Nusantara

Densus tangkap dua orang terduga teroris.

22 Jan 2021 19:57 WIB

20 Hari Isolasi, Emil Ungkap Kondisi Terkini Gubernur Jatim

Jawa Timur

Terkait kembali aktifnya Khofifah Pemprov tunggu keputusan tim dokter.

22 Jan 2021 19:12 WIB

Wow! Pendaki Gunung Raung Sempat Berfoto Berlatarbelakang Erupsi

Jawa Timur

Termasuk beruntung karena berhasil mengabadikan momen istimewa.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...