Grisse, Drama Sejarah Gresik Garapan HBO Asia

21 Jun 2018 15:45

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Sutradara asal Indonesia, Mike Wiluan membuat proyek baru dengan HBO Asia. Proyek ini mengangkat cerita dan sejarah kota Gresik.

Mike menceritakan ide awal pembuatan ‘Grisse’ yang terinspirasi dari sejarah Indonesia yang dijajah Belanda. Zaman yang diambil yaitu pertengahan 1800, ketika Belanda tiba di kota Gresik yang berdekatan dengan Surabaya.

Menurut Mike, inti dari cerita akan menonjolkan sebuah kelompok pemberontakan yang ingin bebas dari jajahan. Untuk mewujudkan itu perlu perjuangan yang tak akan jauh dari konflik dan cerita menarik.

“Idenya mengolaborasikan timur dan barat, kami punya sederet karakter kuat dari beragam etnis,” ungkap pemilik Infinite Framework Studio (IFS) yang menggarap film Buffalo Boys ini.

Sutradara Mike Wiluan (tengah).

Mike menyatukan sejumlah karakter lintas bangsa mengingat Gresik dahulu dikenal sebagai pelabuhan dagang internasional di abad ke-15.

Serial Grisse dibintangi sejumlah pemain dari Indonesia, Jepang, Malaysia, Singapura, dan Eropa. Mereka adalah Adinia Wirasti, Marthino Lio, Michael Wahr, Edward Akbar, Jamie Aditya, Toshiji Takeshima, Joanne Kam, Zack Lee, Tom Dejong, Ully Triani, Rick Paul Van Mulligen, Alexandra Gottardo, Hossan Leong, dan Jimmy T.

Grisse dikembangkan dan diproduksi oleh HBO Asia dan Infinite Studios, juga bekerja sama dengan Infocomm Media Development Authority (IMDA).

Serial delapan episode yang masing-masing berdurasi satu jam itu dijadwalkan tayang perdana pada akhir 2018, baik melalui platform on-air, daring, dan on-demand.