Tim Gegana dari Polda Jatim melakukan evakuasi granat nanas di Sungai Kampung, Simokerto III, Surabaya. (Foto: Haris/ngopibareng.id)
Tim Gegana dari Polda Jatim melakukan evakuasi granat nanas di Sungai Kampung, Simokerto III, Surabaya. (Foto: Haris/ngopibareng.id)

Granat Aktif Gegerkan Warga Simokerto Surabaya

Ngopibareng.id Surabaya 18 November 2019 13:02 WIB

Warga Simokerto gang III Surabaya digegerkan dengan penemuan Granat Nanas di sungai kampung, Senin 18 November 2019. Granat yang sudah berkarat tersebut diduga peninggalan jaman perang Belanda. 

Awalnya, Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau Kota Surabaya (DKRTH) Kota Surabaya yang menemukan satu granat nanas saat melakukan bersih-bersih sungai di bawah jembatan yang menghubungkan Simokerto gang III ke Jalan Kenjeran, Surabaya.

Kapolsek Simokerto, Kompol Masdawati mengatakan membenarkan telah mendapatkan laporan penemuan granat pada pukul 07.00. Saat itu pula langsung dipasang police line dan sterilisasi.

"Kami mendapat laporan bahwa seorang pekerja saat menggali sungai dan menemukan granat bentuknya nanas," kata Masdawati.

Setelah itu, kepolisian langsung melaporkan ke tim Gegana Polrestabes Surabaya untuk melakukan evakuasi. "Kami laporkan ke tim Gegana untuk dilakukan evakuasi," ujar dia.

Masdawati menduga granat tersebut usianya sudah puluhan tahun terpendam. Karena melihat dari bentuh fisik yang sudah berkarat dan kusam.

"Kalau dilihat dari segi fisik granat tersebut seperti sudah karatan dan ternyata masih aktif," kata Masdawati.

Ketua RT 03, RW 02, Jalan Kenjeran, Sutrisno mengatakan hingga saat ini proses pembersihan sampah di sungai masih dilakukan. Mereka tidak takut. 

"Warga tetap beraktivitas seperti biasa. Mereka hanya terkejut menemukan granat yang masih aktif tadi. Tapi sudah berhasil dievakuasi polisi," ," ujar Sutrisno.

Tim Gegana Polda Jatim tiba di lokasi penemuan granat sekitar pukul 11.16 WIB. Mereka langsung mengambil granat nanas itu untuk dibawa ke markas brimob. 

Penulis : Haris Dwi

Editor : Witanto

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

21 Jan 2021 17:58 WIB

Pemkot Tambah Fasyankes untuk Percepat Vaksinasi

Surabaya

Pemkot Surabaya target vaksin tahap pertama usai sebelum tiga minggu.

21 Jan 2021 17:45 WIB

10 Hari PPKM masih Ada yang Nakal di Surabaya

Surabaya

Ada yang "nakal" tak patuhi PPKM dan Perwali.

21 Jan 2021 16:40 WIB

PPKM Diperpanjang, Pemkot Surabaya Berhitung Dampak yang Terjadi

Surabaya

PPKM diperpanjang mulai 26 Januari-28 Februari 2021.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...