Graha Astranawa Diganti Nama Graha Gus Dur, Cak Anam Cuek

14 Nov 2019 04:00 Surabaya

DPW PKB Jawa Timur akan menganti nama Graha Astranawa menjadi Graha Gus Dur. Choirul Anam, mantan Ketua DPW PKB Jatim yang sudah menempati bangunan di kawasan Gayungsari tersebut selama 20 tahun lebih, menyerahkan urusan tersebut ke PKB.

"Kalau PKB menjadikan Graha Gus Dur itu urusan PKB," ucap Cak Anam kepada ngopibareng.id, Rabu 13 November 2019.

Menurut Cak Anam, almarhum Gus Dur sudah sejak lama meneken prasasti bahwa bangunan tersebut dinamakan Graha Astranawa.

"Tanya ke PKB, kenapa pakai nama Gus Dur? Wong dulu Gus Dur dipecat dari PKB, tanya alasannya apa," katanya.

Sebelumnya diketahui, Wakil Ketua DPW PKB Jatim Anik Maslaha, mengatakan bahwa pihaknya akan mengganti nama Graha Astranawa menjadi Graha Gus Dur.

"Atas nama DPW PKB Jatim, kami mengucap syukur alhamdulillah. Akhirnya kami bisa menempati kembali kantor DPW PKB. Hari ini juga kami sampaikan bahwa gedung ini berubah menjadi Graha Gus Dur," ucap Anik di Graha Astranawa.

'Nantinya gedung akan digunakan sebagai kantor DPW PKB dan badan otonom. Kantor DPW yang lama akan menjadi DPC PKB Kota Surabaya dan akan dipakai oleh adik-adik PMII dan pusat keagamaan NU dan PKB," lanjutnya.

Anik menambahkan, status Gedung Astranawa nantinya akan menjadi milik partai dan bukan milik perseorangan. Sedangkan masjid yang berada di kompleks gedung tidak akan dibongkar dan tetap akan difungsikan sebagai tempat ibadah.

"Kami pastikan Kantor Astranawa ini akan menjadi milik DPW PKB Jatim, bukan milik perseorangan atau pribadi. Masjid dan peruntukannya akan seperti semula, akan menjadi tempat ibadah bagi masyarakat, bukan hanya untuk pengurus PKB nantinya," pungkasnya.

Penulis : Faiq Azmi
Editor : Yasmin Fitrida


Bagikan artikel ini