GOR Basket UNESA. (Foto: Alief Sambogo/Ngopibareng.id)

GOR Basket Unesa Senilai Rp10 Miliar Mangkrak

Reportase 18 February 2020 18:57 WIB

Gedung Olahraga (GOR) Basket Indoor Universitas Negeri Surabaya (Unesa) di Jalan Lidah Wetan, Kecamatan Lakarsantri mangkrak. Proyek senilai Rp10 miliar yang bersumber dari APBN itu seharusnya selesai di tahun 2019 lalu. Rektor Unesa mengaku tak mengetahui penyebab mangkraknya proyek itu.   

“Saya gak berani berkomentar takut keliru, sebaiknya coba langsung tanyakan pada wakil rektor dua ya, yang paham teknisnya,” kata Rektor Unesa, Nurhassan kepada Ngopibareng.id, Selasa 8 Februari 2020 di ruang rektorat Unesa.

Berdasarkan data dari laman LPSE Unesa, diketahui proyek tersebut dikerjakan oleh kontraktor PT Garuda Kencana Sakti yang beralamat di Taman Pinang Indah, Sidoarjo. Perusahaan itu keluar sebagai pemenang tender dari 58 penawar yang ditetapkan pada 12 September 2019, dengan nilai penawaran Rp 9.419.434.958.

Sedangkan, proyek GOR Basket Indoor tersebut senilai Rp 10.125.551.000, yang bersumber dari APBN 2019 dan mengucur lewat proyek Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Indonesia.

Saat ini, PT Garuda Kencana Sakti sebagai pelaksana proyek hanya mampu menyelesaikan proyek tersebut hingga 60 persen. Sedangkan, batas waktu penyelesaian proyek sesuai dengan kontrak adalah 31 Desember 2019.

Sesuai dengan informasi di lapangan, salah satu pekerja yang ada di tempat proyek itu berkata bahwa proyek tersebut sebelumnya dibiarkan mangkrak, sebelum ia mengerjakan untuk bagian atap dan topping.

“Ya saya datang itu sudah kayak gini, sudah ditinggal sama yang mengerjakan,” kata salah seorang pekerja yang tak mau disebutkan namanya, Selasa 18 Februari 2020 di lokasi.

Ia mengatakan, saat ini pengerjaan atap dikerjakan oleh perusahaan milik salah satu lurah di daerah Jemundo, Sidoarjo.

Guna mendapatkan keterangan yang lebih lengkap, Ngopibareng.id mencoba menemui Wakil Rektor 2 Unesa. Sayangnya, saat itu beliau masih ada rapat dinas. Pesan singkat yang dikirimkan pun tak dibalas olehnya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Dyah Ayu Pitaloka

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

08 Aug 2020 22:15 WIB

Nyadran, SAH Nyekar ke Makam Seniman di Surabaya

Pilkada

Ia ingin warga surabaya ingat dengan kesenian di Kota Pahlawan.

08 Aug 2020 21:45 WIB

Lima Orang Positif Covid-19, PN Surabaya Lockdown

Surabaya

Total sudah tujuh orang terpapar Covid-19.

08 Aug 2020 21:42 WIB

Kepemimpinan Ganjar Dinilai Penuh Inspirasi

Nusantara

Penilaian disampaikan Helmi Yahya.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...