Hasil pencarian jika anda Googling kata 'setan'. (Foto: Google)

Googling 'Setan', yang Muncul Malah Foto Amien Rais

21 Jun 2018 01:24

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Jagat media sosial dihebohkan oleh sebuah fenomena aneh di mesin pencari Google. Jadi jika anda mengetikan kata 'setan' di kolom pencarian Google, maka munculah gambar-gambar menyeramkan. Tapi, di antara gambar yang membuat bulu kuduk anda merinding itu terlihat juga banyak foto sosok politikus senior tanah air, Amien Rais.

 

Sejumlah netizen di Twitter mulai meributkan hal ini pada Rabu, 20 Juni 2018, malam. Kata 'setan' sendiri kini menjadi kata yang paling populer atau yang paling sering dicari di Google Indonesia pada hari yang sama menurut pantuan Google Trends.

Menanggapi hal ini, juru Bicara Persaudaraan Alumni 212, Novel Bamukmin, malah menuding Google telah mencampuri urusan politik Indonesia dengan memojokkan Amien Rais.

Bila dijelaskan secara teknis, kemunculan wajah Amien Rais dalam pencarian kata setan itu adalah hal yang lazim, jika diberdasarkan teori Search Engine Optimization (SEO).

Artinya, jika seseorang mencari sesuatu menggunakan mesin pencari dengan mengetikan kata kunci tertentu, maka Google akan menerjemahkan kata itu menjadi sebuah susunan data (algoritma), maka hasilnya tampilah objek yang terpaut dengan kata.

Maka, munculnya wajah Amien Rais pada pencarian kata setan di Google itu, sebab, pada April lalu Amien pernah berkomentar soal partai setan dan partai Allah. Komentar itu dibiciarakan di mana-mana, di portal berita, dan sosial media.

Portal berita yang memuat komentar Amien Rais tentang partai setan itu menggunakan foto Amien Rais sebagai foto utama di laman berita mereka. Hal itulah yang dibaca oleh Google dan akhirnya membuat foto Amien kemudian muncul ketika anda mencari 'setan' di pencarian.

Sebelumnya, pada April lalu Amien Rais, dalam sebuah pengajian di Jakarta, mengelompokkan partai-partai politik di Indonesia menjadi Partai Setan dan Partai Allah. Yang termasuk dalam Partai Allah, menurut Amien Rais, adalah PAN, PKS, dan Gerindra. (frd)