Aplikasi Remove China AppsĀ  yang sudah dihapus Google dari PlayStore. (Foto:Istimewa)

Google Hapus Aplikasi Anti China Buatan India

Aplikasi 03 June 2020 17:18 WIB

Google telah menghapus aplikasi buatan India dari Play Store yang memungkinkan pengguna menghapus aplikasi asal China dari ponsel mereka, Reuters melaporkan, Rabu.

Aplikasi Remove China Apps itu menjadi aplikasi gratis teratas di Play Store India dengan lebih dari lima juta unduhan sejak akhir Mei. Popularitas aplikasi tersebut meningkat di tengah seruan untuk memboikot aplikasi ponsel China di India dalam masa sengketa perbatasan Himalaya antara kedua negara.

Juru bicara Google mengonfirmasi kepada Reuters bahwa aplikasi tersebut telah dihapus karena melanggar kebijakan, namun tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Sementara, orang yang paham dengan masalah ini mengatakan bahwa perangkat lunak tersebut melanggar kebijakan Google yang melarang aplikasi yang menghasut pengguna untuk menghapus atau menonaktifkan aplikasi pihak ketiga atau memodifikasi pengaturan atau fitur perangkat.

Aplikasi Remove China Apps memindai ponsel pengguna untuk aplikasi seperti TikTok milik ByteDance dan UC Browser milik Alibaba. Setelah dihapus, akan muncul pesan "Kamu luar biasa, tidak ada aplikasi China yang ditemukan."

Pengembang aplikasi tersebut OneTouch AppLabs tidak menanggapi permintaan wawancara. Namun, dalam situs web-nya, pengembang itu mengonfirmasi bahwa aplikasi tersebut telah dihapus, dan berterima kasih kepada pengguna atas dukungan mereka. (ant/Rtr)

Penulis : M. Anis

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

06 Jul 2020 06:19 WIB

Ledakan di Menteng, Polisi Lakukan Pemeriksaan Mendalam

Nasional

Lebih dari petasan, tak memunculkan api

06 Jul 2020 06:09 WIB

Ledakan di Menteng, Pakar: Tak Terkait Aksi Terorisme

Nasional

Beda yang biasa dilakukan kelompok teroris JAD maupun JI

06 Jul 2020 05:43 WIB

Ilmu Harus Tetap Ditulis, Ini Penjelasan Ulama Pesantren

Khazanah

Khazanah intelektual Islam menunjukkan kemajuan pemikiran

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...