Tampilab Google Doodle, Hari Anak Nasional, Kamis 23 Juli 2020. (Foto: Google)

Google Doodle Merayakan Hari Anak Nasional

Internasional 23 July 2020 06:25 WIB

Google Doodle ikut merayakan Children’s Day atau Hari Anak Nasional (HAN) di Indonesia, yang digelar tanggal 23 Juli setiap tahunnya, lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 Tanggal 19 Juli 1984.

Dalam perayaan ini, seluruh sekolah di Tanah Air menyelenggarakan acara budaya dan pendidikan. Selain itu, Hari Anak Nasional diharapkan bisa menjamin pemenuhan hak anak.

Jaminan ini antara lain hak hidup, hak tumbuh kembang, hak berpartisipasi sesuai harkat dan martabat, serta hak mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Hari Anak Nasional juga diperingati, mengingat bahwa anak-anak Indonesia merupakan aset yang sangat penting dan berharga bagi bangsa.

Sejarah singkat Hari Anak Nasional berawal dari gagasan Presiden RI kedua, Soeharto. Kala itu, ia melihat bahwa anak-anak merupakan aset kemajuan bangsa, sehingga berdasarkan Keputusan Presiden RI No 44 tahun 1984, ditetapkan setiap 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional.

Hari anak selalu diperingati pada tanggal yang berbeda-beda di seluruh dunia. Hari Anak Internasional justru diperingati setiap 1 Juni dan Hari Anak Universal diperingati setiap 20 November.

Google Doodle Rayakan Hari Anak Nasional dari Tahun ke Tahun

Google Doodle turut merayakan hari Anak nasional dalam beberapa tahun belakangan ini. Buktinya adalah dengan terpampangnya gambar doodle bertemakan anak yang terpasang pada halaman utama Google.

Dengan adanya Google Doodle tersebut, pengguna dapat menemukan berbagai berita mengenai Hari Anak Nasional. Pengguna cukup dengan mengklik ikon doodle yang terpampang di halaman awal pencarian.

Untuk mengenang kembali, berikut tema Google Doodle untuk perayaan Hari Anak Nasional.

Google Doodle Hari Anak Nasional 2019

Dalam perayaan Hari Anak Nasional 2019, terdapat tulisan Google yang berubah menjadi sebuah gambar doodle. Pada doodle tersebut digambarkan 6 huruf penyusun kata Google. Masing-masing huruf tersebut digambarkan karakter sebagai seorang anak yang sedang melakukan aktivitasnya.

Google Doodle Hari Anak Nasional 2018

Untuk tema saat itu, terlihat gambar anak-anak yang ceria dengan penuh warna. Karakter anak tersebut menyerupai huruf yang merangkai kata Google. Karakter-karakter tersebut juga terlihat ikut memeriahkan pawai dengan beragam alat musik.

Google Doodle Hari Anak Nasional 2017 dan 2016

Google tidak merilis doodle-nya untuk memperingati Hari Anak Nasional pada tahun 2016 dan 2017 lalu.

Google Doodle Hari Anak Nasional 2015

Tampilan Doodle pada Hari Anak Nasional 2015 menunjukkan keceriaan melalui wahana taman bermain. Dalam Doodle tersebut, terlihat huruf yang menyusun kata Google sedang bermain dan membentuk nama dari teknologi mesin pencarian itu.

Google Doodle Hari Anak Nasional 2014

Google Doodle mengambil tema berupa gambar alat permainan tradisional, congklak pada perayaan Hari Anak Nasional 2014. Seperti yang diketahui, congklak menjadi salah satu permainan tradisional anak-anak yang memiliki banyak nama setiap wilayah Indonesia. Congklak disebut Dakon di Jawa, Makaotan di Sulawesi, atau Dentuman Lamban di Lampung.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

19 Sep 2020 09:07 WIB

Tiga Pesan Khusus, Ulil Abshar: Jangan Sowan Rama Kiai Dulu

Khazanah

Sikap pandemi Covid-19 dengan hati-hati dan taati Protokol Kesehatan

19 Sep 2020 08:55 WIB

Pemkot Batu Konfirmasi 31 Santri Ponpes Al-Izzah Positif Covid-19

Jawa Timur

Kasus bermula pada 23 Agustus 2020.

19 Sep 2020 08:09 WIB

Tiga Jalan Bermimpi Rasulullah, Ijazah Prof Quraish Shihab

Islam Sehari-hari

Meneladani kehidupan Nabi Muhammad, bershalawat dan berdakwah

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...