Tangkapan layar Google Doodle, Rabu 5 Agustus 2020. (Foto: Google)

Google Doodle Kampanye Pakai Masker dan Jaga Jarak

Internasional 05 August 2020 17:50 WIB

Halaman pencarian Google hari ini, Rabu 5 Agustus 2020, menyajikan visual interaktif dari logo Google di atas kolom pencarian. Logo ini akan terlihat bergerak dengan munculnya sebuah kaki kemudian semuanya akan menggunakan masker.

Terlihat logo Google huruf "e" yang lupa menggunakan masker akan langsung memasang masker dan kemudian semuanya langsung mengambil posisi berjarak.

Google Doodle kampanye untuk menggunakan masker dan melakukan physical distancing.

Mengutip halaman situs Google Doodle, dijelaskan bahwa visual interaktif hari ini mengusung tema "Wear a mask. Save lives" atau gunakan masker untuk selamatnya nyawa. Hal ini dilakukan sebagai cara sederhana untuk menghentikan penyebaran virus corona.

Animasi itu tersedia untuk pengguna di sejumlah negara, yakni Kanada, Amerika Serikat, Amerika Latin, Jerman, Prancis, Inggris, Spanyol, Nigeria, Ghana, Tanzania, Afrika Selatan, Indonesia, Australia, Thailand, Filipina, India, Jepang, Korea Selatan, Rusia, dan masih banyak lagi.

"Karena Covid-19 terus berdampak terhadap banyak komunitas di dunia, bantu hentikan penyebarannya dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan ini," kata Google.

Ketika pengguna mengklik gambar Google Doodle di laman utama google.co.id, sistem akan membawanya ke laman pencarian terkait langkah melindungi diri dari corona, terdiri dari:

1. Cuci tangan teratur dengan sabun/hand sanitizer.

2. Menjaga jarak dari orang yang sedang batuk/bersin.

3. Menggunakan masker saat keluar rumah.

4. Tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut.

5. Tutup mulut dengan tisu/bagian dalam siku ketika batuk/bersin.

6. Di rumah saja jika tidak enak badan.

7. Jika mengalami demam, batuk, atau sulit bernapas, pergi ke fasilitas kesehatan seperti puskesmas, dokter, rumah sakit.

Selain itu, Google juga menampilkan laman berisi gejala pasien terjangkit corona dan penanganan yang mereka butuhkan. Di sini juga tersedia tautan informasi valid atau kredibel mengenai pandemi ini.

Masih di halaman yang sama, tersedia peta dunia yang menunjukan angka kasus Covid-19 di berbagai belahan dunia. Data per pagi ini untuk Indonesia tercatat ada sekitar 115.000 kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi hingga saat ini. Sebanyak 72.050 kasus berhasil disembuhkan dan angka kematian mencapai 5.388 jiwa.

Sementara untuk data pandemi dunia atau keseluruhan mencapai 18,4 juta kasus Covid-19 terkonfirmasi dengan angka pasien sembuh sebanyak 11 juta dan korban jiwa meninggal mencapai sekitar 692.000 jiwa.

Penulis : Yasmin Fitrida

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

19 Sep 2020 09:07 WIB

Tiga Pesan Khusus, Ulil Abshar: Jangan Sowan Rama Kiai Dulu

Khazanah

Sikap pandemi Covid-19 dengan hati-hati dan taati Protokol Kesehatan

19 Sep 2020 08:55 WIB

Pemkot Batu Konfirmasi 31 Santri Ponpes Al-Izzah Positif Covid-19

Jawa Timur

Kasus bermula pada 23 Agustus 2020.

19 Sep 2020 08:09 WIB

Tiga Jalan Bermimpi Rasulullah, Ijazah Prof Quraish Shihab

Islam Sehari-hari

Meneladani kehidupan Nabi Muhammad, bershalawat dan berdakwah

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...