Ilustrasi Pilkada 2020. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Pilkada 2020. (Foto: Istimewa)

Golkar Serahkan Cawawali pada Machfud Arifin, Termasuk Arzeti

Ngopibareng.id Pilkada 09 June 2020 11:30 WIB

Perhelatan Pilwali Surabaya tinggal menghitung bulan. Jika sesuai dengan agenda KPU, kontestasi politik itu akan digelar pada bulan Desember 2020. Untuk pilwali Surabaya sendiri, baru Machfud Arifin yang secara terang-terangan maju.

Kendati sudah mendeklarasikan diri mengikuti pilwali, sampai saat ini ia masih sendiri. Belum ada wakil yang ia gandeng dan dipublikasikan. Hal itu menjadi tanda tanya besar bagi partai-partai yang mengusung MA, salah satunya Partai Golkar.

Meski masih meraba-raba, Golkar menyerahkan pilihan akhir bakal calon wakil walikota kepada Bakal Calon Walikota yang juga mantan Kapolda Jatim, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin. Termasuk, jika akhirnya rekomendasi jatuh ke anggota Komisi IX DPR RI Arzeti Bilbina.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Fraksi Golkar DPRD Surabaya Arif Fathoni, Selasa 9 Juni 2020. Menurutnya, untuk memilih wakil walikota memiliki chemistry dengan calon walikotanya.

"Kami Menerima siapapun. Meski demikian, kami sudah mengajukan beberapa nama pula. Mereka diantaranya adalah Gus Hans dan satu nama lagi masih kami rahasiakan hingga kini," katanya.

Menurut Toni, beberapa strategi telah disiapkan oleh Partai Golkar untuk memenangkan Machfud Arifin di masa pandemi ini. Misalnya, kampanye door to door untuk menggantikan acara-acara yang mengumpulkan massa.

"Ya ini jawabannya. pada akhirnya, siapapun wakilnya kita siap memenangkan Pak Machfud Arifin," katanya.

Disinggung terkait beberapa nama yang diajukan oleh partai-partai politik lain untuk menjadi wakil Machfud Arifin, Toni mengungkapkan jika dirinya mengenal baik nama-nama itu. Beberapa nama yang beredar adalah Arzeti Bilbina dari PKB, Siti Angraenni Hapsari dari Partai Demokrat, Reni Astuti dari PKS.

"Mbak Arzeti misalnya, beliau adalah sosok luar biasa. Dua kali berhasil terpilih menjadi anggota DPR RI," lanjut Toni.

Di sisi lain, Arzeti Bilbina juga sempat memberikan pernyataannya terkait pesta demokrasi untuk mencari suksesor Walikota Risma itu. "Mohon doanya, mohon doanya," kata Arzeti.

Begitu pula ketika ditanya soal peluangnya untuk menjadi calon wakil walikota bagi Machfud Arifin, tokoh yang bakal diusung PKB sebagai Calon Walikota Surabaya, Arzeti memberikan isyarat. "Sekali lagi mohon doanya," tambahnya.

Penulis : Alief Sambogo

Editor : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

03 Dec 2020 21:00 WIB

Lahar Dingin Semeru Melanda, Sebagian Warga Lumajang Mengungsi

Jawa Timur

Lahar dingin disebabkan hujan mengguyur Semeru atas.

03 Dec 2020 20:45 WIB

Jokowi Keluarkan Empat PP tentang Disabilitas Sepanjang 2020

Nasional

Peringatan Hari Disabilitas Internasional pada tahun ini harus menjadi momentum penegasan kepedulian.

03 Dec 2020 20:30 WIB

Machfud Gemar Sowan Kiai, Warga Kejawen Putih Dukung MAJU

Pilkada

Dinilai memiliki kepedulian terhadap siapapun

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...