Gojo, kepanjangan dari Golkar-Jokowi. Relawan bentukan Golkar untuk memenangkan Jokowi dalam prilpres 2019. (Foto: Golkar)
Gojo, kepanjangan dari Golkar-Jokowi. Relawan bentukan Golkar untuk memenangkan Jokowi dalam prilpres 2019. (Foto: Golkar)

Golkar Bentuk Relawan Gojo untuk Menangkan Jokowi dalam Pilpres 2019

Ngopibareng.id Politik 16 March 2018 13:20 WIB

Pasca Partai Golongan Karya (Golkar) memberikan dukungan kepada Presiden Joko Widodo dalam pemilihan presiden 2019 nanti, partai membentuk relawan Gojo. Gojo adalah penggabungan dari dua kata: “Golkar” dan “Jokowi.” Demikian keterangan pers yang diterima www.ngopibareng.id Jumat, 16 Maret 2018.

Dengan penamaan seperti ini, tujuan Relawan Gojo menjadi jelas dengan sendirinya. Yaitu untuk mendukung pemenangan Presiden Jokowi dalam Pilpres 2019, sekaligus untuk mendorong peningkatan suara Partai Golkar dalam Pileg 2019.

Dalam ilmu kampanye pemilu, itulah yang disebut sebagai co-branding strategy. Dua entitas politik disatukan dalam hubungan yang saling mendukung serta saling menguntungkan. Relawan Gojo adalah organisasi sukarela bentukan DPP Partai Golkar di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto.

Sifat organisasi ini tidak hierarkis, tetapi cair dan lebih mendahulukan pembentukan jaringan (networking) yang bersifat horizontal, bukan struktur kepengurusan yang bersifat vertikal. Golkar lebih mementingkan aktivitas, bukan rapat-rapat pengurus dengan struktur yang bertingkat-tingkat.

Fokus Relawan Gojo adalah pada aktivitas yang bersifat sosial-budaya, edukasi, dan berbagai kegiatan kreatif lainnya, khususnya di kalangan kaum muda. Dengan ini kami ingin menyambut Pemilu 2019 dengan mengajak semua pihak untuk mencuri perhatian publik lewat berbagai kegiatan positif yang mendidik, bergairah, dan bersahabat.

Tagline yang dipilih adalah “Bersamamu Indonesia Maju.” Kami berharap, dengan terpilihnya Presiden Jokowi untuk periode kedua, serta dengan meningkatnya perolehan suara Partai Golkar, jalan bagi kemajuan seluruh rakyat Indonesia akan terbentang luas.

Mulai Minggu, 18 Maret 2018, berbagai pilot projects akan kami mulai. Sepanjang Maret hingga medio April ini, 10 activations yang akan kami lakukan berada pada tingkat akar rumput di berbagai wilayah ibukota. Setelah itu, dengan model kegiatan yang sudah kami pelajari dari DKI Jakarta, Relawan Gojo akan mengembangkan sayap ke berbagai penjuru Nusantara dengan mengajak seluruh kader Partai Golkar untuk berpartisipasi dalam gerakan sukarela ini.

Golkar berharap, pada saatnya nanti Relawan Gojo akan menjadi sebuah organisasi relawan yang dikenal luas, disegani, serta sanggup memainkan peran positif dalam proses panjang menuju Pemilu 2019. Insya Allah, semua itu akan tercapai. (amr)

Penulis : Moch. Amir

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

25 Oct 2020 12:14 WIB

Simpang Siur Kabar Kematian Naruto masih Trending

Ngopitainment

Isshiki Otsutsuki, calon algojo Naruto di manga Boruto.

25 Oct 2020 07:21 WIB

Presiden Yakin Perekonomian Indonesia akan Pulih

Nasional

Virus corona menyebabkan dampak pada perekonomian dunia.

22 Oct 2020 10:16 WIB

Revolusi, Golkar Jatim Tak Ingin Terjebak Diksi Partai Tua

Politik

Golkar Jatim ingin revolusi komunikasi.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...