Persebaya Surabaya sukses rebut juara 3 Piala Gubernur Kaltim. (foto: ngopibareng)

Gol Tunggal Rishadi, Antarkan Persebaya Rebut Juara 3 Piala Gubernur Kaltim 2018

04 Mar 2018 17:58

Lihat versi non-AMP di Ngopibareng.id

Persebaya Surabaya berhasil membuktikan kualitasnya dengan meraih juara 3 Piala Gubernur Kaltim (PGK) setelah menumbangkan Borneo FC di Stadion Palaran, Samarinda, pada Minggu 4 Maret 2018. Gol tunggal Bajol Ijo berhasil di sumbang oleh Rishadi Fauzi di menit 77.

Bajol Ijo yang bermain cukup pede di babak pertama, terlihat masih terlalu tumpul serangan yang di bangun oleh Rendi Irwan dkk. Mereka harus beradu dengan solidnya pertahanan Borneo yang sulit ditembus.

Memasuki 15 menit Borneo FC justru lebih menguasai jalannya pertandingan. Persebaya harus berkali-kali berjibaku dengan sayap Pesut Etam.

Namun memasuki menit 40, giliran Bajol Ijo yang menekan pertahanan Borneo FC, umpan-umpan Rendi dan Misbahus Sholikin tampakya sedikit merepotkan pertahanan Pesut Etam yang harus mengejar Irfan Jaya dan Oktavianus Fernando yang berada di lini sayap.

Meski begitu, kedudukan imbang 0-0 pun tak berubah hingga akhir babak pertama usai.

Usai turun minum, Bajol Ijo yang tak banyak melakukan perubahan pemain masih terus bersemangat melancarkan serangan. Persebaya yang termotivasi merebut peringkat ketiga terus tampil ngotot guna dapat mencetak gol lebih dahulu.

Serangan Persebaya yang dirasa masih belum menuai hasil hingga menit 75 akhirnya melakukan sejumlah rotasi pemain, Ricky Kayame ditarik keluar dan Oktavianus Fernando, pelatih Bajol Ijo Alfredo Vera memasukkan Rishadi Fauzi dan Feri Pahabol.

Dengan masuknya dua pemain tersebut, mimpi Persebaya menjebol gawang Pesut Etam terkabul. Gol Rishadi Fauzi pada menit 77 berhasil membungkam Borneo FC dengan skor 1-0.

Gol itu tercipta melalui kerjasama apik dari sisi sayap Irfan Jaya yang bermaksud memanfaatkan postur tubuh Rishadi akhirnya mampu membuat gol setelah bola diterima oleh feri Pahabol terlebih dahulu dan Rishadi tinggal menendang pelan bola masuk ke gawang.

Keunggulan Persebaya membuat Borneo FC harus tampil ngoyo hingga memasuki menit 85. Pertandingan semakin memanas dan pelanggaran banyak tercipta.

Meski begitu peluang Borneo FC di akhir pertandingan tak bisa dimanfaatkan dengan baik. Sehingga harus menyudahi permainan dengan skor 1-0 untuk Bajol Ijo.

Dengan kemenangan itu, Persebaya sukses mengakhiri turnamen Piala Gubernur Kaltim dengan merebut juara 3. Sementara Borneo FC harus puas berada di juara 4. (hrs)