Unai Emery kecewa dengan kegagalan timnya menang atas Crystal Palace. (Foto: Twitter/@Arsenal)
Premier League 2019-2020

Gol Sokratis Dianulir, Unai Emery Keluhkan VAR

Liga Inggris 28 October 2019 08:15 WIB

Arsenal gagal memetik kemenangan setelah bermain imbang 2-2 dengan Crystal Palace, Minggu 27 Oktober 2019 malam WIB. Manajer The Gunners, Unai Emery, pun mengeluhkan Video Assistant Referee (VAR) karena dianggap merugikan timnya.

Keluhan Emery terkait gol ketiga Arsenal yang dicetak Sokratis Papastathopoulos di menit ke-83 dianulir wasit Martin Atkinson. Pasalnya, wasit mendapatkan informasi dari VAR bahwa terjadi pelanggaran yang dilakukan Calum Chambers terhadap Luka Milivojevic sebelum gol itu terjadi.

Sang pengadil sendiri tak melihat langsung tayangan VAR. Ia mempercayai sepenuhnya petunjuk VAR, sehingga ia memutuskan membatalkan gol tersebut.

Usai pertandingan, Emery pun meradang. Ia menilai wasit salah dalam mengambil keputusan yang hanya berpijak pada informasi yang ia terima tanpa mengecek tayangan VAR.

"VAR mengatakan (insiden Chambers) itu adalah pelanggaran, tapi saya sudah mengeceknya dan harusnya itu gol yang sah" ujar Emery seperti dikutip situs resmi klub.

"Oke, saya tidak tahu siapa yang mengecek VAR. Buat saya, VAR adalah hal bagus dan kita semua membutuhkannya. Tapi VAR perlu dikelola dengan cara yang benar. Saat ini, bagi kami VAR tidak bekerja dengan baik. Saya merasa tim saya pantas menang malam ini," sambung eks pelatih Sevilla tersebut.

"Kami bermain dengan kecepatan setelah mereka menyamakan kedudukan. Saya hanya kecewa kami tak bisa mengontrol laga dengan baik usai unggul 2-0, untuk memastikan kami mendapatkan hasil positif."

Bertanding di Emirates Stadium, Minggu (27/10), Skuat asuhan Unai Emery unggul cepat di babak pertama lewat gol Sokratis Papastahopoulos di meit ke-7 dan David Luiz di menit ke-9. Namun kemenangan yang sudah nyaris digenggam akhirnya lepas setelah Crystal Palace membalas lewat gol Luka Milivojevic di menit ke-32 dan Jordan Ayew di menit ke-52.

Hasil imbang ini membuat Arsenal gagal menang dua kali beruntun di Liga Inggris setelah sebelumnya kalah dari Sheffield United 0-1 pekan lalu. Granit Xhaka dkk kini tertahan di posisi kelima klasemen dengan raihan 16 poin. Sedangkan Crystal Palace membuntuti di peringkat keenam dengan selisih satu poin saja.

Penulis : Rizal A

Bagikan artikel ini

Berita terkait:

02 Aug 2020 21:40 WIB

4 Fakta Unik di Premier League Musim Ini

Liga Inggris

Mulai dari gol, assist, hingga karir pelatih.

02 Aug 2020 14:22 WIB

Mikel Arteta Sang Penakluk

Liga Inggris

Menaklukkan dua raksasa dalam sepekan.

02 Aug 2020 10:49 WIB

Kalahkan Chelsea, Arsenal Juara Piala FA

Liga Inggris

Doa gol Arsenal diborong Pierre-Emerick Aubameyang.

Lihat semua

Topik Lainnya

Temukan topik menarik lainnya.

Tirto.ID
Loading...